Thursday, 30 June 2022


Jangan Anggap Remeh, Walau Tumbuh Liar Tempuyung Punya Segudang Khasiat

18 Feb 2022, 14:39 WIBEditor : Herman

Tanaman Tempuyung Yang Tumbuh Liar Namun Berkhasiat

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang ---Daun tempuyung merupakan tanaman herbal yang ternyata banyak tumbuh di pinggir jalan, sela-sela parit, dan tembok yang tidak terawatt. Tidak main-main, khasiat tanaman ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari wasir, darah tinggi hingga batu ginjal.

Tanpa disadari sebagai besar dari kita pasti sudah pernah melihat tanaman tempuyung yang banyak tumbuh di pinggir jalan, parit, semak-semak atau tempat lain yang banyak ditumbuhi rumput-rumput liar.  

Bagi yang belum tahu tempuyung tanam ini memiliki ciri Batang bersegi, berlubang bagian tengahnya, bergetah putih, percabangan monopodial, dan berwarna hijau keputihan.  

Tumbuhan liar yang satu ini memiliki berbagai macam kandungan seperti laktuserol, mannitol, flavonoid, asam fenolat, kumarat, vanilat, juga mengandung mineral seperti silika, kalium dan natrium. 

Sedari dulu tempuyung sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seluruh bagian dari tempuyung bisa bermanfaat seperti untuk  menyembuhkan batu saluran kencing dan batu empedu, radang usus buntu (apendisitis), radang payudara (mastitis), disentri, wasir, darah tinggi (hipertensi), pendengaran berkurang (tuli), rematik gout, memar, bisul, dan luka bakar. 

Senyawa apigenin, flavonoid dan glikosida yang terdapat dalam tanaman tempuyung memiliki potensi cukup baik untuk menghambat kerja enzim xantinoksida sesehingga pembentukan asam urat dalam darah terhambat. Sementara itu ion kalium dan natrium bekerja menjaga keseimbangan elektrolit dalam ginjal yang akan mengikat asam urat untuk membentuk senyawa yang mudah larut dalam air. 

Bagi anda penderita darah tinggi maupun asam urat, rsep berikut mungkin bisa anda coba untuk mengobat penyakit tersebut.  

Tekanan Darah Tinggi

15-60 gram daun tempuyung, dicuci bersih, lalu  daun tempuyung diasapkan sebentar, makanlah sebagai lalapan dan lakukan dua-tiga kali sehari. 

Untuk Asam Urat

Siapkan 15-60 gram tempuyung dan 3 gelas air. Cuci bersih tanaman tempuyung dan potong-potong, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas,s aring, setelah dingin minum 2 kali sehari.

 

 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018