Rabu, 28 September 2022


Halau Kutu Beras dengan Daun Salam

09 Agu 2022, 12:05 WIBEditor : Gesha

Kutu Beras | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kutu Beras merupakan hama yang kerap menghinggapi beras meski telah disimpan di dalam tempat tertutup. Kutu beras ini harus disingkirkan karena dapat menurunkan cita rasa beras yang ditanak.

Mengutip dari penelitian yang ditayangkan di Insect Biochemistry and Molecular Biology tahun 2016, kutu beras yang berupa kumbang pengerek senang menggunakan pectin yang ada di dalam beras sebagai sumber energi mereka. Sedangkan kutu betina akan menggunakan beras sebagai sarang telur.

Telur kutu akan bertahan ditumpukan beras, memakan beras sebagai sumber nutrisi, tumbuh dewasa sebagai kutu dan mencari pasangan, kemudian bertelur di dalam beras. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah menggunakan daun salam.

Menukil buku Food Combining karangan Andang Gunawan, cara menghilangkan kutu beras dengan daun salam yaitu dengan memasukkan beberapa helai daun salam bersih dan kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Aroma yang sangat kuat dari daun salam tidak disukai oleh kutu beras. Sehingga kutu yang ada di dalam akan pergi. Selain itu, dianjurkan pula untuk sesekali membuka tempat penyimpanan beras agar tidak berbau apek.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018