Sabtu, 01 Oktober 2022


Akhir Pekan, Yuk Cobain Buat Nasi Sorgum

20 Agu 2022, 09:46 WIBEditor : Gesha

Nasi sorgum | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Karena tergolong serealia seperti jagung, sorgum ternyata bisa diolah menjadi nasi lho. Cukup pakai rice cooker, pulennya nasi sorgum bisa dicoba. 

Selain beras porang yang kini sudah banyak dijual di e-commerce, ternyata beras dari sorgum pun sudah banyak pilihan. Harga satu kilogram beras sorgum kisaran Rp 35.000 - Rp 50.000, tergantung merek dan jenis sorgum.

Simpan sorgum di wadah tertutup rapat. Sama seperti beras padi, sorgum ini disukai kutu. Jadi sebaiknya belilah sorgum dengan jumlah menyesuaikan konsumsi keluarga.

Ada dua jenis sorgum yang umum dijual di e-commerce, yaitu merah dan putih. Keduanya sudah dikupas dan disosoh sehingga mudah untuk dibuat menjadi nasi. 

Membuat nasi dari sorgum pun mudah dan serupa dengan memasak nasi dari beras padi biasa. Cukup pakai rice cooker, pulennya nasi sorgum bisa dicoba. 

Anda bisa memulainya dengan mencuci beras sorgum dua kali dengan air bersih mengalir, kemudian ditiriskan airnya. Lanjutkan dengan menaruh sorgum yang sudah dicuci di rice cooker, tuangkan air dengan takaran dua kali air masak beras.

Nyalakan tombol masak di rice cooker. Setelah terdengar air masak sorgum mendidh, buka tutup rice cooker dan aduk rata. Saat air sudah akan kering, aduk rata lagi sorgum. Beras sorgum ini mudah menempel di panci masak jadi sebaiknya rajin diaduk.

Cicipi sorgum, jika sudah empuk dan air rice cooker sudah mengering matikan tombol masak rice cooker. Aduk rata agar uap panas keluar dan buka terus tutup rice cooker sampai sorgum agak dingin. Sorgum siap disantap dengan aneka lauk.

Jika sorgum sudah dibuat menjadi nasi, Anda bisa mengolahnya lanjut menjadi nasi goreng. Tentunya dengan ditambah aneka topping dan bumbu. Rasanya, tentunya tidak berbeda dengan nasi goreng biasanya. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018