Selasa, 23 Juli 2024


Lewat Agroeduwisata, Polbangtan Kementan Kenalkan Tanaman Organik Sejak Usia Dini

03 Mar 2023, 23:52 WIBEditor : Gesha

Kunjungan TK Safinah Bogor | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Kegiatan Agroeduwisata Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang sudah diperkenalkan di daerah Kota dan Kabupaten Bogor, beberapa tahun belakangan ini, mendapat antusias tinggi dari masyarakat Bogor.

Kali ini, Polbangtan Bogor mendapat kunjungan dari siswa-siswi TK Safinah Bogor untuk Agroeduwisata, sebagai program pengenalan anak sekolah di bidang pertanian. 

Umi ima, Kepala Sekolah TK Safinah Bogor menerangkan bahwa kegiatan agroeduwisata ini sangat penting guna memperluas pengetahuan dan antusias anak-anak di bidang pertanian khususnya sayuran. Tema kegiatan ini sesuai dengan tema yang dipelajari di sekolah bulan ini adalah tentang tanaman.

Kunjungan TK Safinah Bogor kali ini sebanyak 128 siswa dengan 16 guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak, sekaligus belajar di luar kelas.

Kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program agroeduwisata di kampus Cibalagung, siswa-siswi TK Safinah Bogor diajarkan memanen sayuran bayam, tour keliling Smart Green House, naik traktor, praktek cara membuat es krim (free es krim), dan mini games.

Kegiatan yang menyenangkan adalah pengalaman pertama anak-anak memanen sayuran terutama sayuran bayam, dan menerima informasi budidaya sayuran kualitas unggul yang di budidaya di Smart Greenhouse dimana para siswa dijelaskan bagaimana menanam, memelihara serta cara memanen sayuran tersebut serta jelaskan keunggulan dari smart green house yaitu semua dapat diatur melalui teknologi smartphone dimana pengaturan suhu, kelembaban, penggerak kipas semua dapat diatur melalui handphone berbasis aplikasi android.

Agroeduwisata ini pernah dilaunching Menteri Pertanian tahun 2020 silam. 

Dalam kesempatan launching Edu Wisata tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan dengan adanya Edu Wisata merupakan upaya Kementerian Pertanian dalam modernisasi pertanian yang harapannya generasi muda mau terjun di bidang pertanian.

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda, bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini ya pertanian," jelas Mentan Syahrul.

Dedi Nursyamsi, Kepala BPPSDM Pertanian mengungkapkan hal senada. “Disini (Eduwisata Red) tempat anak – anak belajar, sistem bagaimana smart agriculture dibangun, mikroklimat dikendalikan, maka produktivitas dan kualitas ada di tangan kita serta kontinyuitas bisa kita atur sedemikian rupa” ungkap Dedi.

Reporter : Irwan Julya/Ardianinda Wisda
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018