Sabtu, 22 Juni 2024


Gejala Alergi Seafood pada Anak: Waspadai Kulit Memerah yang Mencurigakan!

03 Jul 2023, 06:22 WIBEditor : Gesha

Alergi seafood pada anak | Sumber Foto:Istimewa

TABLOID SINAR TANI. COM, Jakarta -- Kandungan gizi melimpah dalam makanan laut atau seafood menjadikannya pilihan yang menggiurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Tetapi, tak hanya enak rasanya, makanan ini juga bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Alergi seafood umumnya dipicu oleh konsumsi hewan laut seperti crustacea dan moluska. Bahkan sedikit saja sudah cukup membuat tubuh kita tak nyaman. Alergi seafood tak pandang usia, bahkan anak-anak pun rentan mengalami alergi saat menyantap hidangan laut. Tapi, jika anak Anda mengalami alergi seafood, jangan panik. Anda perlu tahu cara mencegah dan mengatasi alergi seafood pada anak.

Semua jenis alergi makanan, termasuk alergi seafood, disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh. Jika salah satu dari Anda atau pasangan memiliki riwayat alergi seafood, kemungkinan anak Anda juga rentan terhadap makanan laut atau seafood. Oleh karena itu, penting untuk memahami kondisi kesehatan anak sejak dini.

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah anak mengalami alergi seafood adalah dengan menghindari konsumsi makanan laut, termasuk ikan.

Namun, ini bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi balita yang sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi dari makanan laut seperti ikan. Jika anak Anda alergi seafood, berkonsultasilah dengan dokter untuk mencari alternatif pengganti nutrisi yang dapat diberikan.

Cara Mengatasi 

Gejala alergi ringan seafood biasanya muncul dalam hitungan menit setelah menikmati hidangan laut, seperti sensasi gatal yang menggelitik, kulit yang memerah, dan beberapa bagian wajah yang membengkak seperti bibir, wajah, lidah, dan leher.

Tidak hanya itu, anak mungkin juga mengeluhkan sakit kepala atau pusing, serta kesemutan di sekitar mulut. Namun, tak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa langkah unik yang bisa ibu lakukan untuk meredakan gejala alergi pada anak.

Untuk mengatasi alergi seafood pada anak, Anda bisa ciptakan ramuan unik dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat, lalu tambahkan sentuhan madu Manuka.

Jeruk nipis diketahui memiliki sifat anti-alergi, sedangkan madu Manuka kaya akan vitamin yang mampu meredakan rasa gatal. Sajikan minuman ini pada anak dan pastikan diminum hingga habis.

Untuk memulihkan alergi seafood pada anak, eksplorasilah makanan yang kaya akan vitamin E, seperti kacang tanah, bayam, dan alpukat. Vitamin E memiliki sifat anti-alergen yang dapat membantu mengurangi dan mencegah reaksi alergi terhadap makanan.

Segelas air jahe hangat yang terbukti membantu meredakan efek alergi akibat konsumsi makanan laut, seperti udang dan lainnya.

Jahe memiliki kemampuan mengurangi ruam merah dan rasa gatal pada tubuh anak, memberikan kenyamanan yang diperlukan. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan sentuhan manis pada ramuan jahe ini.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018