Sabtu, 25 Mei 2024


9 Buah dan Sayur Ini Lindungi Kesehatan Ginjal Anda

20 Sep 2023, 15:29 WIBEditor : Gesha

Aneka buah dan sayur untuk kesehatan ginjal | Sumber Foto:ALODOKTER

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Tahukah Anda bahwa 9 buah dan sayur ini bukan hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga dapat berperan penting dalam melindungi kesehatan ginjal Anda?

Ginjal, organ yang tersembunyi namun sangat vital, bertugas menyaring racun dalam darah. Jika ginjal tak berfungsi dengan baik, bisa jadi racun merajalela dalam tubuh Anda, menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan.

Tetapi ada cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda: mulailah dengan memperbaiki pola makan Anda, dan jadikan sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai sekutu setia Anda dalam merawat ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, penting untuk membatasi asupan natrium, kalium, dan fosfor yang berlebihan dalam makanan. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendukung kesehatan ginjal Anda, mulai dari buah-buahan hingga sayuran.

Makanan Tinggi Omega 3

Makanan kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan tuna dan ikan salmon, telah terbukti memiliki manfaat besar bagi kesehatan ginjal. Menurut sebuah jurnal berjudul 'Effect of Omega-3 Fatty Acids on Kidney Function after Myocardial Infarction,' asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam darah dan tekanan darah.

Ini menjadi penting karena tekanan darah yang tinggi dapat berkontribusi pada penurunan fungsi ginjal. Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam takaran yang tepat, Anda dapat membantu mencegah penurunan fungsi ginjal.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus memperhatikan porsi konsumsi ikan ini. Sebagian besar ikan laut mengandung fosfor yang cukup tinggi, yang perlu dihindari berlebihan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Anggur Merah

Anggur merah bukan hanya nikmat di lidah, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang beragam. Sebuah jurnal berjudul 'Flavonoids--food sources and health benefits' mengungkapkan bahwa anggur merah mengandung vitamin C yang kaya dan juga mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang terbukti efektif dalam mengurangi peradangan. 

Bluberi

Bluberi merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan ginjal, karena kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan sodium, fosfor, dan kalium yang rendah. Antioksidan adalah senyawa yang berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penurunan fungsi ginjal.

Selain itu, sebuah jurnal berjudul 'Health Benefits of Anthocyanins and Their Encapsulation for Potential Use in Food Systems: A Review' mencatat bahwa bluberi mengandung jenis antioksidan bernama anthocyanin.

Senyawa ini tidak hanya melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes, tetapi juga dapat membantu menjaga daya pikir Anda tetap tajam. Jadi, menambahkan bluberi ke dalam pola makan Anda bisa menjadi pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan secara keseluruhan.

Nanas

Nanas adalah pilihan buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena rendah kalium dan kaya akan serat, magnesium, vitamin C, dan bromelain.

Dalam 100 gram nanas, terdapat hanya 109 miligram kalium, yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa buah lainnya, seperti semangka (640 mg), pisang (420 mg), atau melon (473 mg).

Kandungan kalium yang rendah ini merupakan berita baik karena tidak memberatkan kerja ginjal Anda, menjadikannya pilihan yang cerdas untuk mendukung kesehatan ginjal Anda.

Apel

Apel adalah buah lain yang memiliki kadar kalium yang cukup rendah, yakni hanya 130 mg kalium per 100 gram, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan ginjal.

Buah ini juga kaya serat, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya. Pastikan juga untuk mencuci apel dengan bersih sebelum mengonsumsinya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh, terutama asam oleat, yang dikenal memiliki sifat antiradang. Selain itu, minyak zaitun bebas fosfor, yang dapat menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang perlu membatasi asupan fosfor dalam diet mereka.

Keunggulan lainnya, lemak tak jenuh dalam minyak zaitun cenderung stabil saat dimasak, tidak mudah rusak, dan dapat menjadi pilihan minyak sehat untuk berbagai jenis masakan.

Biji-Bijian

Selain buah-buahan, biji-bijian seperti biji chia, biji labu, dan biji rami juga merupakan pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Biji-bijian ini mengandung berbagai nutrisi penting dan antioksidan yang dapat mendukung fungsi organ tubuh secara menyeluruh.

Mengintegrasikan biji-bijian ini ke dalam pola makan Anda dapat menjadi langkah yang cerdas untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan organ ginjal. Bawang putih kaya akan sumber mangan, vitamin B6, dan Vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa sulfur yang memiliki sifat antiradang.

 

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition berjudul 'From the distinctive smell to therapeutic effects: Garlic for cardiovascular, hepatic, gut, diabetes and chronic kidney disease' menemukan bahwa bawang putih memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat merawat kesehatan ginjal. Ini membuatnya menjadi pilihan asupan bergizi yang baik, terutama bagi pasien gagal ginjal kronis.

Kembang Kol

Kembang kol merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk ginjal. Sayuran ini mengandung berbagai zat gizi penting, termasuk vitamin B9 (asam folat), vitamin C, dan vitamin K.

Kandungan-kandungan ini telah terbukti dapat mendukung kesehatan ginjal dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk pasien dengan penyakit ginjal.

Memasukkan kembang kol ke dalam pola makan sehat Anda dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan

Reporter : NATTASYA
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018