Jumat, 23 Februari 2024


Yoghurt Rosella IPB, Sensasi Enak dan Keajaiban Anti Kanker dalam Satu Tegukan

15 Jan 2024, 13:47 WIB

Yoghurt Rosella ala IPB | Sumber Foto:IPB University

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Nikmati sensasi luar biasa Yoghurt Ekstrak Rosella hasil inovaasi Institut Pertanian Bogor (IPB University) yang tak hanya menggoda lidah dengan kelezatan, tetapi juga menyimpan keajaiban kandungan anti kanker dalam setiap tegukan.

Yoghurt sebagai produk olahan susu yang tak hanya lezat, tapi juga kaya nutrisi. Rasanya yang lezat tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi pencernaan dan kesehatan tubuh. 

Inovasi terbaru dari tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) membawa yoghurt ke tingkat berikutnya dengan menggabungkannya dengan ekstrak bunga rosella. Penambahan ini memberikan sentuhan unik dan tambahan manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Inovasi terbaru dari Fakultas Peternakan IPB University ini diberi nama "Yoghurt Probiotik Rosella". Produk ini menggunakan starter bakteri yang dikembangkan secara khusus di laboratorium hasil ternak Fakultas Peternakan IPB, memenuhi standar nasional yang ketat.

Ketua tim peneliti yoghurt probiotik rosella Prof. Irma Isnafia mengatakan, ekstrak bunga rosella merupakan salah satu ekstrak natural asli Indonesia yang ternyata sangat tepat dalam pembuatan yoghurt. 

"Dalam pembuatan yoghurt ini kami menambahkan bakteri probiotik yaitu Lactobacillus plantarum yang secara penelitian ternyata mempunyai sifat fungsi kesehatan yang bagus," papar Prof. Irma seperti dikutip Sinar Tani dari kanal YouTube IPB TV.

Yoghurt Probiotik Rosella tidak hanya menonjolkan rasa uniknya, tetapi juga memiliki sifat fungsional yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Produk ini dikenal memiliki efek antihipertensi, antimikroba, antidiabet, antioksidan, dan anticancer. 

Prof. Irma Isnafia menjelaskan bahwa proses pembuatan yoghurt probiotik rosella ini sangat sederhana. Langkah pertama melibatkan pemberian starter bakteri pada susu yang kemudian difermentasi menjadi yoghurt. Setelah itu, yoghurt yang telah jadi dicampur dengan ekstrak bunga rosella.

Dengan bangga, Prof. Irma menambahkan bahwa saat ini produk ini sudah tersedia secara terbatas di lingkungan kampus IPB. 

Anggota tim peneliti, Zakiah Wulandari, menambahkan sentuhan lebih pada inovasi Yoghurt Probiotik Rosella ini dengan harapan agar produk ini dapat mengandung vitamin C dan stevia, yang saat ini sedang dalam proses formulasi. 

Selain itu, tim dari Teknologi Hasil Ternak IPB berkeinginan agar produk ini dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia. "Kami berharap agar produk ini bisa diproduksi dan didistribusikan secara lebih luas," ungkap Zakiah.

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018