Minggu, 14 April 2024


Cabai Segar Awet Melalui Teknik Asinan dan Pembekuan

14 Mar 2024, 14:15 WIBEditor : Gesha

Cabai awet bisa dibuat acar | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Selain pengeringan, cabai juga bisa diawetkan melalui berbagai cara olahan. Mulai dari penggilingan menggunakan minyak dan garam, dibuat asinan hingga proses pembekuan.

Menggiling cabai dengan tambahan minyak sayur dan garam membuatnya lebih praktis untuk penggunaan saat memasak.

Pastikan untuk menambahkan bahan-bahan tersebut saat menghaluskan cabai, baik dengan cara manual atau menggunakan blender. Setelah itu, simpan cabai giling dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam kulkas.

Alternatif lain untuk mengawetkan cabai adalah dengan membuatnya menjadi asinan. Potong cabai memanjang dan masukkan ke dalam wadah dengan air matang, cuka, gula, dan garam. Simpan dalam lemari es semalam sebelum digunakan untuk masak atau disantap.

Jika ingin cabai bertahan lebih lama, Anda dapat membekukannya. Cuci cabai yang sudah dibuang tangkainya dan simpan dalam plastik rapat tanpa udara di dalamnya. Letakkan dalam freezer dan biarkan hingga beku. Dengan cara ini, cabai dapat disimpan selama berbulan-bulan.

Dengan beberapa metode tersebut, Anda dapat mengawetkan cabai dengan lebih praktis dan efisien. Cabai yang diawetkan akan tetap segar dan enak, serta siap digunakan kapan pun dibutuhkan, terutama saat harga cabai melonjak seperti saat musim hujan. Tetap praktis, segar, dan hemat.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018