Jumat, 12 Juli 2024


Tips Sehat dari Pakar Gizi: Setelah Idul Adha, Fokus pada Konsumsi Sayur dan Buah

20 Jun 2024, 11:28 WIBEditor : Gesha

Konsumsi buah dan sayur setelah makan daging kurban menyeimbangkan nutrisi tubuh | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Setelah perayaan Idul Adha, pakar gizi menyarankan untuk fokus pada konsumsi sayur dan buah guna menjaga keseimbangan nutrisi. 

Pakar gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta, Fitri Hudayani menganjurkan masyarakat untuk tetap mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setelah Idul Adha.

Menurutnya, hal ini penting untuk mengatasi potensi kelebihan asupan lemak dari konsumsi daging kurban.

“Konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan karena seratnya dapat membantu mengurangi dampak kelebihan asupan lemak,” ujarnya.

Fitri Hudayani menjelaskan bahwa mengonsumsi daging kambing dan sapi secara berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif seperti kelebihan berat badan, peningkatan kadar kolesterol darah, dan risiko hipertensi.

Berikut beberapa jenis buah yang dapat menurunkan kolesterol setelah makan daging, di antaranya:

1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang tinggi pada daging.

Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan cairan dan serat yang tinggi, sehingga mampu mengurangi kadar lemak dan melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Berbagai jenis buah jeruk yang bisa Anda konsumsi antara lain: jeruk manis, jeruk bali, jeruk sunkist, jeruk mandarin, atau jeruk nipis.

2. Jambu

Jambu biji maupun jambu air sama-sama memiliki kandungan cairan, serat, vitamin A dan C yang tinggi. Kombinasi semua nutrisi tersebut sangat tepat untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Sebaiknya konsumsi buah jambu beserta kulitnya agar menjadi buah penetralisir kolesterol setelah makan daging yang efektif.

3. Apel

Apel ternyata termasuk jenis buah yang bagus dikonsumsi setelah makan daging. Apel dapat menurunkan kolesterol karena mengandung pektin, merupakan serat larut air yang mampu menurunkan kolesterol.

Buah apel juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat paling tinggi dan lengkap jenisnya. Serat juga dapat menurunkan kolesterol dengan mengikatnya di usus kecil.

4. Pisang

Buah pisang menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan, mencegahnya berpindah ke aliran darah dan menyumbat arteri.

Dengan demikian, untuk meningkatkan kesehatan jantung, campurkan irisan pisang di atas oat dengan satu sendok makan biji chia untuk sarapan pagi.

5. Tomat

Zat likopen yang terdapat pada tomat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh mampu menyerap lebih banyak likopen jika tomat diproses atau dimasak. Anda dapat minum jus tomat dan menambahkannya ke dalam makanan tertentu.

Penting diketahui, salah satu cara menurunkan kadar lemak yang tinggi dalam tubuh setelah makan daging adalah memilih buah yang tepat.

Caranya dengan mencari buah yang memiliki tinggi serat dan mengandung air yang tinggi.

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018