Senin, 22 April 2019


Ingin Philodendron Anda Kinclong?Begini Cara Merawatnya

20 Jan 2019, 17:48 WIBEditor : Gesha

Philodendron bisa kinclong dengan perawatan yang benar | Sumber Foto:ISTIMEWA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung --- Anda punya Philodendron di rumah?Tapi sudah terlihat tidak segar lagi?Mungkin cara merawatnya yang salah.

 

Tanaman hias ini memiliki keindahan daun dan keragaman jenis sehingga sering kali tanaman ini menjadi bagian dari koleksi tanaman hias oleh para kolektor.

Philodendron memiliki fungsi sebagai elemen pembentuk taman rumah. Terdapat lebih dari 500 spesies tanaman philodendron di seluruh dunia.

Tanaman asal hutan tropis Amerika ini mudah perawatannya. Cukup ditanam pada media gembur dan diletakkan di tempat teduh.

Bentuk daunnya juga bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati atau jantung, mirip gergaji atau daun pepaya.

Keindahan tanaman philodendron juga terlihat dari bentuk dan warna batang yang beragam. Bentuk batang umumya bulat, diameter bervariasi (tergantung umur tanaman).

Warna batangnya akan berbeda tiap tingkat pertumbuhan. Warnanya pun indah.

Ada yang berwarna hijau pada usia muda dan agak keabu-abuan pada umur dewasa. Selain itu ada juga yang hijau tua pada usia muda dan hijau kemerahan pada saat dewasa.

Cara pemeliharaan philodendron tidak rumit. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang tahan panas sehingga bisa ditanam di mana saja.

Tanaman ini cocok ditanam di manapun termasuk di teras sebagai tanaman indoor. Tanaman ini juga mudah diperbanyak dengan jalan split anakan.

Pertumbuhan philodendron tergolong cepat. Lebih cepat bila dibandingkan dengan anthurium.

Daun philodendron bisa mulus jika sehat. Tips dan trik agar daunnya mulus dan mengkilap adalah tanaman ini harus memperoleh jatah hara secara cukup dan seimbang.

Agar daun tidak terbakar, sebaiknya ditaruh di tempat yang terhindar dari terik matahari. Daun bisa tampil mengkilap jika selalu dilap dengan busa basah setiap hari.

Reporter : Henni Kristiana Tarigan
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018