Rabu, 19 Juni 2019


Nasi Jagung Ternyata Lebih Sehat !

25 Mar 2019, 09:53 WIBEditor : Gesha

Nasi jagung memiliki kandungan yang lebih sehat | Sumber Foto:ISTIMEWA

Ingin mulai beralih, cobalah dahulu mencampurkan jagung dengan nasi putih yang Anda konsumsi

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Banyuwangi --- Jika menyebut nasi jagung, pasti yang teringat adalah makanan yang jadul dan kampungan. Eits! Meskipun kampungan, nasi jagung ternyata lebih sehat lho daripada nasi putih biasa.

Di Indonesia sendiri, nasi jagung jadi makanan pokok masyarakat Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung.

Nasi jagung bukan merupakan campuran antara nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi.

Dilansir dari Asian Journal, profesor dari University of Philippines Los Banos, Dr. Artemio Salazar menjelaskan bahwa jagung bisa menjadi makanan pokok yang baik bagi pasien diabetes.

Serat dapat membantu tubuh melepaskan glukosa sebagai sumber energi secara perlahan. Sehingga, gula darah tidak langsung naik setelah makan jagung. Jadi, tak heran jika banyak orang mengatakan bahwa nasi jagung bisa membantu mengontrol gula darah.

Tak hanya serat, jagung juga mengandung banyak nutrisi, seperti zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, folat, fosfor, magnesium, mangan, dan selenium. Sehingga, jagung bisa menjadi makanan pokok yang bergizi.

Jika dibandingkan dengan nasi putih, jagung memiliki kalori yang lebih sedikit. Dalam 100 gram jagung terkandung 140 kalori, sedangkan 100 gram nasi putih memiliki kalori sebanyak 175 kalori.

Jadi, Anda bisa makan nasi jagung dengan porsi lebih banyak tapi dengan kalori yang sama banyaknya dengan nasi putih yang porsinya lebih sedikit. 

Jika Anda ingin beralih makan nasi jagung (yang mungkin terasa asing bagi Anda), sebaiknya beralihlah secara perlahan. Mulailah mencampukan jagung dengan nasi putih yang Anda konsumsi

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018