Jumat, 21 Juni 2019


Ini Dia Resep Nasi Jagung 'Anti-Gagal'!

25 Mar 2019, 10:10 WIBEditor : Gesha

Nasi jagung sangat mudah dibuat bahkan serupa dengan nasi biasa | Sumber Foto:ISTIMEWA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Setelah mengetahui manfaat dari nasi jagung, tentunya Anda ingin tahu juga kan cara mengolah nasi jagung yang nikmat dan anti gagal?.

Meskipun awalnya nasi jagung adalah makanan khas orang desa, bukan berarti nasi jagung ini tidak enak. Nasi jagung memiliki rasa khas gurih dan nikmat.

Nasi jagung ini dibuat dengan pipilan jagung yang sudah tua, atau biasa dikenal dengan sebutan jagung pipil.

Mengapa dipilih jagung pipil yang tua, karena jika dilihat dari harga akan lebih murah jika dibandingkan dengan jagung manis yang ada di pasaran.

Jadi intinya membuat nasi jagung gurih adalah tantangan tersendiri. Bagaimana membuat makanan dengan biaya sangat murah, namun bisa menghasilkan makanan yang nikmat dan disukai banyak orang.

Nah, bagaimana cara membuat nasi jagung nikmat dan anti gagal?. Ikuti yuk cara berikut ini ! 

Bahan : 

  • 250 gram jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Bahan tersebut bisa dipergunakan untuk 4-6 porsi makan.

Cara membuatnya :

  1. Rendamlah jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Kemudian rebuslah campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat.
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan atau panci kukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Siram nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti nasi jagung sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda siapkan. Akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

 

Reporter : Nattasya
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018