Kamis, 12 Desember 2019


Cicipi Nikmatnya Tongseng Kalkun dan Ingkung di Kudus

15 Apr 2019, 16:25 WIBEditor : Gesha

Pemilik Raja Kalkun, Awan Binuka memperlihatkan ingkung kalkun yang sering menjadi incaran pengunjung | Sumber Foto:SUPRAPTO

Harganya pun tidak terlalu mahal karena untuk satu porsi rica-rica, tongseng, dan sop hanya seharga Rp 31 ribu, itupun sudah termasuk nasi.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Kudus --- Daerah Kudus selama ini dikenal dengan segarnya Soto Kudus dan manisnya Jenang. Tapi kini ada kuliner unik yang jadi pembicaraan masyarakat yaitu Tongseng Kalkun dan Ingkung. Seperti apa uniknya?

Salah satu restoran yang membuat menu tongseng Kalkun adalah Raja Kalkun yang terletak di jalan raya Kudus – Purwodadi di Gang 14 Desa Undaan Tengah. Usaha yang buka setiap hari mulai jam 09.00 WIB sampai jam 20.00 WIB itu terbilang ramai.

Pemilik Raja Kalkun, Awan Binuka menuturkan ada banyak menu dari olahan ayam kalkun. Mulai dari ingkung ayam kalkun, kemudian ada tongseng ayam kalkun, rica-rica ayam kalkun, dan sop kalkun daun singkil.

Harganya pun tidak terlalu mahal karena untuk satu porsi rica-rica, tongseng, dan sop hanya seharga Rp 31 ribu, itupun sudah termasuk nasi. Sedangkan untuk satu porsi ingkung ayam kalkun dipatok harga Rp 120 ribu. "Karena beda, itu satu kalkun sendiri,” katanya. 

Bagi yang sudah cocok dan senang dengan daging kalkun, harga mahal sedikit tidak akan masalah. "Apalagi daging kalkun dikenal bagus bagi kesehatan karena rendah kolesterol dan mengandung banyak protein," tegasnya.

Untuk diketahui, daging kalkun bagian dada ke bawah berwarna kemerahan. Serat maupun tekstur daging dan rasa mirip dengan daging kambing atau sapi. Sedangkan bagian dada ke atas, warna keputihan dan memiliki rasa seperti daging ayam kampung.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018