Sabtu, 24 Agustus 2019


Namnam, Buah Lokal Kaya Manfaat untuk Herbal

16 Jul 2019, 21:42 WIBEditor : Gesha

Buah namnam adalah salah satu buah lokal yang bisa menjadi tanaman herbal | Sumber Foto:ECHA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Indonesia memang kaya akan plasma nutfah yang sebenarnya bisa menjadi bahan baku herbal dan berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah buah namnam. Baru pertama kali dengar?.

“Nam nam kaya akan manfaat yakni bisa menjadi obat diare,  sumber vitamin c, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan air seni, mencegah kencing batu, menguruskan badan, penawar darah tinggi, obat kencing manis, menjadikan tubuh sehat dan bugar, " ungkap Kepala Kebun Percobaan Cimanggu - Balitbang Pertanian, Tri Eko Wahyono.

Peneliti Malaysia sendiri tercatat melakukan penelitian mengenai potensi nam nam, terutama menggali potensi antioksidan. Dalam penelitian disebutkan, namnam mengandung antioksidan potensial dan dapat digunakan dalam pengembangan bahan campuran antioksidan alami dan aman. 

Buah Namnam adalah sejenis pohon dari famili polong-polongan (Leguminosae atau Fabaceae). Tumbuhan ini banyak ditemukan atau dibudidayakan di Asia Tenggara dan India. Diperkirakan tumbuhan ini berasal dari wilayah Malesia timur. Meskipun belum diketahui dengan pasti asal usulnya namun sejumlah pihak menyakini pohon namnam merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Buah Namnam, yang juga disebut kopi anjing, anjing-anjing atau sawo pancukan, dikenal pula dengan aneka nama lokal, seperti namu-namu (Manado), namo-namo (Ternate), namet (Halmahera), namute, lamute, lamuta, klamute (beberapa bahasa di Maluku tengah), pukih (Sunda), puci anggi (Bima), dan puti anjeng (Makassar). Di Malaysia, namnam dikenal dengan nama puki anjing (Malaysia). Di Thailand, namnam dikenal dengan beberapa nama lokal, amphawa (Thailand bagian tengah), nang-ai (Bangkok), dan hima (Pattani).

Namnam adalah tumbuhan pohon, yang tidak terlalu tinggi, lebih kurang 3 meter. Bukan hanya ukurannya yang tidak terlalu tinggi, daun mudanya yang berwarna merah muda terang juga menyebabkan tumbuhan ini dipilih sebagai tanaman hias.

Kulit batang halus berbintil, kecokelatan atau abu-abu, dan batangnya berbonggol-bonggol.  Namnam bertajuk agak rapat, dengan ranting yang berkelak-kelok. Daun majemuk dengan sepasang anak daun, bertangkai 2-8 mm.

Anak daun lonjong sampai bundar telur miring tidak simetris, berwarna hijau tua berkilap. Daun muda berwarna putih atau merah jambu terang, menggantung lemas seperti  saputangan.

Bunga merupakan tandan kecil, yang mempunyai 4-5 tandan. Bunganya kecil, kelopak berwarna merah jambu pucat atau putih. Mahkota berbentuk lanset, dan berwarna putih.

Buah polong berbentuk ginjal keriput yang ujungnya meruncing, tumbuh di batang, hingga dekat ke tanah. Warnanya cokelat bersisik ketika muda dan menjadi kehijauan atau kekuningan apabila masak. Namnam berbiji satu butir, berbentuk ginjal pipih.

Mengutip dari tropical.thefern.info, namnam tumbuh dengan baik pada kisaran suhu 22 – 35 derajat celsius, namun masih dapat tumbuh pada kisaran suhu 17 – 40 derajat celsius. Di Sulawesi, dikenal dua jenis namnam yang ditanam orang, jenis yang manis dan yang asam.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018