Sabtu, 07 Desember 2019


Coba Deh, Trik Hasilkan Alpukat Cepat Matang !

19 Jul 2019, 10:49 WIBEditor : Gesha

Banyak trik yang bisa dilakukan agar alpukat bisa cepat matang | Sumber Foto:TABLOID SINAR TANI

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Suka bete gak sih lagi kepengen Alpukat, eh taunya masih keras. Terus bagaimana caranya hasilkan alpukat cepat matang?..Check this one !

Alpukat mentega yang sekarang sedang booming, memang paling dicari, terutama untuk yang menerapkan pola hidup sehat. Harganya memang cukup mahal, sehingga orang-orang ketika membeli alpukat mentega sedikit was-was agar tidak mengecewakan. Matang sempurna dengan tekstur yang renyang dan rasanya yang gurih adalah yang dicari konsumen.

Menurut penjual alpukat mentega/Alpukat Miki, Heri atau yang akrab disapa Abi Muhammad, ada beberapa cara untuk mematangkan buah alpukat yang dibeli dengan keadaan mentah.

Cara pertama adalah memotong bagian ujungnya, lalu taburi garam dan ditutup dengan tisu. “Dalam 2 hari biasanya matang,” ungkapnya kepada tabloidsinartani.com

Cara kedua, ujungnya buah alpukat ditusuki menggunakan tusuk gigi. Ditusukinya dengan pola melingkar sehingga berpola seperti gurita. “Proses pematangan dengan cara ini cukup efektif karena dengan adanya lubang-lubang kecil dari tusuk gigi akan memudahkan udara masuk dan proses pematangan menjadi lebih cepat,” jelas Heri yang membuka usaha di sektor agribisnis dan kesehatan herbal ini.

Cara ketiga, dengan menyiramnya dengan air bekas cucian beras. “Memang selama ini kita tahunya alpukat diperam di dalam beras akan matang, tetapi kalau alpukatnya banyak, berasnya pun harus banyak. Belum lagi kita suka lupa kalau menyimpan alpukat di sana. Ujung-ujungnya busuk,” terang Heri.

Cara keempat, adalah cara yang paling praktis, yakni menyimpannya di dalam kulkas selama 2 hari, lalu dikeluarkan ke udara bebas. Dan tidak perlu ditaruh kembali lagi ke dalam kulkas. “Biasanya langsung matang itu alpukat. Tetapi jangan ditaruh di dalam freezer, cukup di kulkas bagian bawah,” saran Heri.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018