Sabtu, 07 Desember 2019


Anggur Tumbuh di Jakarta, Hasil Inovasi Gang Hijau

22 Sep 2019, 09:24 WIBEditor : Gesha

Kepala Dinas KPKP DKI JAKARTA, Darjamuni (tengah) melakukan monitoring Program Gang Hijau di Duren Sawit, DKI Jakarta | Sumber Foto:INDRI

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Upaya menekan polusi dan menghasilkan pangan sendiri dari pekarangan sudah dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta sejak 2016 dengan mengembangkan program Gang Hijau. Sekarang, beberapa Gang di Jakarta sudah bisa menghasilkan komoditas andalan salah satunya Anggur !.

Terletak di Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, kebun anggur yang diberi nama Kebun Imut Si Nakal ini berada. Dengan luasan hanya 800 meter, kebun mini ini menjadi salah satu wisata yang mengasyikan di akhir pekan karena bisa melihat dan mencicipi beraneka ragam varietas anggur sekaligus belajar bagaimana cara menanam anggur dengan pengelola kebun.

“Gang hijau tidak terbatas pada tanaman, silakan masyarakat berinovasi. Sejak 2016 memang sudah ada program ini. Suatu bentuk ekonomi kerakyatan. Manfaatnya selain dapat mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, masyarakat juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari budidaya tanaman, perikanan, dan lain-lain dari lingkungan mereka sendiri," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, beserta segenap jajarannya mengunjungi wilayah Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (20/9). Kunjungan ini dalam rangka monitoring program “Gang Hijau”. 

Lebih lanjut Darjamuni mengungkapkan kebanggaannya ketika ada tanaman anggur yang dapat tumbuh di Jakarta. “Pada saat Pekan Daerah (Peda) KTNA DKI Jakarta beberapa waktu lalu, Juara I Temu Karya, Pak Yatno, ternyata mampu membudidayakan anggur di wilayah perkotaan. Ini sebuah inovasi yang bagus banget," tukasnya.

Dengan inovasinya bertanam anggur di perkotaan, Yatno akan  dikirimkan oleh KPKP DKI Jakarta ke Pekan Nasional (Penas) di Padang Sumatera Barat tahun 2020.

Selain tanaman anggur, jajaran Dinas KPKP juga mendatangi RT 16 RW 05 yang terdapat kelompok budidaya ikan lele “Delima Multi Mandiri”.

Darjamuni berkesempatan memanen anggur dan ikan lele di tengah antusiasme warga setempat. Dinas KPKP secara simbolis menyerahkan bantuan beberapa perlengkapan kerja guna mendukung budidaya anggur dan ikan lele. 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018