Senin, 18 November 2019


Dinas KPKP Jakarta Panen Sayuran di Lahan OPAL Kantornya

15 Okt 2019, 15:26 WIBEditor : Gesha

Dinas KPKP kembali panen hasil pertanaman OPAL di daerahnya | Sumber Foto:HUMAS DINAS KPKP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta kembali memanen beragam sayuran dan buah dari lahan Obor Pangan Lestari (OPAL) di Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta. Jenis tanaman yang dipanen adalah tomat, bayam hijau, bayam merah, kangkung, pakcoy, dan pagoda. Hasilnya pun cukup banyak, yakni sayuran daun seberat 40 kilogram dan tomat 15 kilogram. 

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, OPAL memanfaatkan lahan perkantoran untuk penyediaan sumber pangan dan gizi, sehingga karyawan di kantor tersebut dapat menikmati sayuran dan buah segar yang bagus bahkan organik. "Sayuran dan buah segar ini sangat baik untuk dikonsumsi karena memberikan dampak baik untuk kesehatan," ujarnya saat melakukan panen sayuran di lahan OPAL Dinas KPKP DKI Jakarta, Jumat (11/10).

Sesuai Undang-Undang No.18/2012 tentang Pangan tepatnya pada Pasal 60 mengamanatkan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi maupun kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif, serta produktif.

OPAL dilaksanakan mulai dari pemanfaatan lahan di sekitar area kantor pemerintah tingkat provinsi hingga kota dan kabupaten yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian maupun pangan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman pangan, hortikultura dan tanaman obat keluarga sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin maupun mineral.

"OPAL ini sebagai sarana percontohan bagi masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan. Keterbatasan lahan itu bisa disikapi dengan inovasi untuk mengembangkan pertanian perkotaan," jelas Darjamuni.

 

Darjamuni menambahkan, gerakan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga akan terus disosialisasikan kepada masyarakat luas supaya bisa direplikasikan. "Kami terus mensosialisasikan dan mengedukasi mengenai OPAL untuk penganekaragaman konsumsi pangan dalam rangka pemenuhan gizi kepada masyarakat," tandasnya.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018