Friday, 05 June 2020


Manfaatkan Lantai Atas Gedung, Karang Taruna Tebet Banjir Sayuran

20 May 2020, 15:15 WIBEditor : Gesha

Panen di atas gedung, Karang Taruna ini banjir sayuran | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta Selatan --- Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan berhasil membudidayakan sayuran hidroponik hingga panen. Uniknya, mereka memanfaatkan lantai bagian atas gedung sebuah Madrasah yang belum dimanfaatkan.

Kreativitas Karang Taruna RW 07 mengembangkan pertanian perkotaan (Urban Farming) tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah pihak saat panen perdana pada Selasa (19/5).

Kepala Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, drh. Hasudungan Sidabalok dan Kepala Satuan Pelaksana (Satlak) KPKP Kecamatan Tebet, Wahyuni Ambarwati, menyaksikan panen secara online (video conference).

Sedangkan yang hadir di lokasi panen yaitu Lurah Kebon Baru, Fadhilah Nursehati, Penyuluh Pertanian Satlak KPKP Kecamatan Tebet, Hairul Ihsan, Ketua RW 07, Ketua LMK RW 07, dan Kepala Sekolah Madrasah/TK Al Isti’anah. 

“Semoga kegiatan ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Sudin KPKP Jakarta Selatan, melalui Satlak KPKP Kecamatan Tebet akan membantu sebisa mungkin agar Karang Taruna tetap mensukseskan program urban farming, serta mengucapkan terima kasih pada kelurahan Kebon Baru yang juga mendukung, " kata drh. Hasudungan Sidabalok.

Senada dengan Kasudin KPKP Jakarta Selatan, Lurah Kebon Baru juga berharap agar Karang Taruna terus melakukan inovasi.

“Alhamdulillah Karang Taruna RW 07 memanfaatkan lahan kosong ini hingga berhasil panen sayuran di tengah Pandemi Covid-19. Hasilnya pun dibagikan kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi. Harapan kami agar terus berinovasi, maju, berkembang, dan dapat mengolah hasilnya seperti membuat peyek (keripik sayuran), jus, dan lain-lain sehingga nilai ekonominya menjadi lebih tinggi,” kata Fadhilah Nursehati.

Panen sayuran kali ini bayam hijau 5 kg dan pakcoy 3,5 kg. Mereka menanam 4 (empat) macam sayuran yaitu bayam hijau, pakcoy, selada, dan caisim. Diperkirakan selada dapat dipanen sepekan lagi. 

Adapun teknologi yang digunakan yaitu hidroponik sebanyak 2 rak dengan 302 lubang tanam. 1 rak ukurannya 170 x 80 cm. Nantinya di bagian kaki rak hidroponik akan dibuat kolam sederhana untuk diberikan benih ikan sehingga menjadi sistem aquaponik dan mampu menampung sekitar 300 benih ikan per raknya.

"Ini bulan Ramadhan dan masyarakat banyak terdampak Covid-19, sayuran dibagikan gratis, sekaligus berharap berkah Ramadhan,” kata Hairul Ihsan, penyuluh pertanian KPKP Kecamatan Tebet yang secara rutin melakukan pendampingan. 

Sinergi dari berbagai pihak terkait, ke depannya di wilayah ini akan membuat infrastruktur hidroponik lebih banyak sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi kaum milenial Kebon Baru. 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018