Friday, 05 June 2020


Krisan Pot Mulai Bermekaran, Bukti Siap Dikembangkan Masyarakat

22 May 2020, 19:21 WIBEditor : Gesha

Krisan mulai bermekaran | Sumber Foto:Wisnu

TABLOIDSINARTANI.COM, Cianjur --- Sejak ditanam pada tanggal 13 Maret lalu, kelima varietas Krisan Pot milik Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) yaitu Avanthe, Armita, Anindita, Zwena dan Naura mulai bermekaran di Green House milik PT Cigwa Indonesia Jaya.

Ditengah pandemi Covid 19 yang masih melanda di Indonesia, kegiatan monitoring sejauh ini dilakukan secara jarak jauh. Namun pada kesempatan kali ini dengan tetap memperhatikan protokol keamanan dari pemerintah, tim dari Balithi mengunjungi langsung PT. Cigwa Indonesia Jaya yang berlokasi di Cisarua untuk memonitor langsung perkembangan dari tanaman Krisan Pot yang telah ditanam sebelumnya.

Dari hasil monitoring ini terlihat bahwa perkembangannya cukup baik, hal ini terlihat dari  minimnya hama yang menyerang tanaman Krisan Pot yang ditanam, warna bunga yang cerah dan mulai bermekran.

Namun tentu ada beberapa hal yang menjadi masukan untuk para perawatan Krisan Pot ini diantaranya yaitu perlu adanya pinching yaitu membuang titik tumbuh terminal dengan tujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas lateral. 

Tim Dari Balithi yang terdiri dari Peneliti Dedeh Kurniasih, Evi Dwi Sulistya, Ronald Bunga Mayang dan Wisnu Ardi Pratama juga memberikan cara-cara melakukan pincing yang baik dan benar.

Selain itu Evi Dwi mengatakan bahwa sisa media dari krisan pot ini masih bisa digunakan untuk tanaman krisan selanjutnya. Dedeh Kurniasih juga menambahkan bawa tinggi tanaman Krisan pot yang baik adalah seukuran satu setengah kali ukuran potnya.

Karena tujuan dari PT Cigwa Indonesia Jaya nantinya adalah komersialisasi, Evi Dwi juga menyarankan perlu adanya penyortiran tanaman Krisan, agar kualitas tanaman yang diterima oleh konsumen adalah yang terbaik. Selain itu perlu pula adanya memahami karakter masing-masing varietas yang ditanam, karena masing-masing varietas berbeda-beda karakternya.

Reporter : Wisnu, Ronald, Evi Dwi
Sumber : Puslitbang Hortikultura
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018