Thursday, 02 July 2020


Pepaya Merah Delima Masih Dinanti Pasar Jabodetabek dengan Harga Menggiurkan

22 Jun 2020, 21:29 WIBEditor : Gesha

Pepaya Merah Delima | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Bicara pepaya, masyarakat awam pasti hanya kenal pepaya California. Padahal kita punya Pepaya Merah Delima (Pepaya Medel) atau di tingkat pengepul sering disebut California Super. Di pasar Jabodetabek, pepaya jenis ini masih terus dinanti lho karena masih minimnya pasokan ke pasar.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Puslitbang Hortikultura pada tahun 2011 telah mengusulkan pepaya merah delima (Medel) sebagai varietas unggul ke Kementerian Pertanian dan disetujui dengan no. 2275/Kpts/SR.120/5/2011. Pepaya Merah Delima ini memiliki bentuk dan ukuran yang cukup menarik dengan tingkat kemanisan yang tinggi antara 11-14 Brix, dan daging buah yang tebal dengan warna merah oranye yang menawan. 

Dengan spesifikasi super seperti ini, makanya buah pepaya Merah Delima ini sangat disukai oleh pasar dan konsumen. Bahkan di tingkat pengepul, Pepaya Medel ini sering disebut Pepaya California Super.

Salah satu konsumen yang sudah pernah mencoba Pepaya Medel ini adalah Manajer Operasional Kebun Buah di Sumarrecon Bekasi Barat, Paulus. Dirinya saat itu memberikan pepaya jenis ini untuk test icip buah bagi pimpinannya.

"Setelah beberapa hari baru dibuka,  ternyata daging buahnya sangat tebal, bagian tengahnya yang kosong itu kecil, dan rasanya manisnya minta ampun. Bahkan beliau sempat bertanya dapat pepaya dari mana ini, kenapa baru sekarang ngasih, tidak dari dulu-dulu," ujarnya menirukan.

Karena itu, setiap bulannya Kebun Buah di Summarecon Bekasi Barat ini sering minta dikirimkan pepaya Medel sebanyak 1 ton secara rutin dari Maju Mandiri Utama (MMU) Farm di Nanggung Kopo Serang Banten. "Tapi dalam waktu 2-3 hari sudah langsung habis, sold out. Konsumen sudah tidak memperhatikan ukuran kecil dan besar buah, mereka butuh rasa bukan ukuran. Mereka sudah tahu rasa dan mereka bisa balik lagi," bebernya. 

Selain di Bekasi Barat, Pepaya Medel ini juga bisa didapatkan di beberapa outlet seperti Toko buah segar Kang Yusuf Pamoyanan Kota Bogor dan Pasar Modern BSD, Serpong. Kesemuanya dipasok langsung oleh MMU Farm.

Untuk diketahui, MMU Farm merupakan salah satu petani/pengusaha yang mendapatkan benih varietas pepaya medel ketika Unit Perbanyakan Benih Sumber (UPBS) Balitbu sudah memproduksi cukup banyak benih varietas Pepaya Mendel ini.

Dibawah manajer petani muda Mukti Wibowo, MMU Farm sendiri sebenarnya telah mengembangkan pepaya Merah Delima diantara tanaman utama durian seluas 5 ha.  "Mengapa saya jatuh hati terhadap varietas pepaya Merah Delima dibandingkan dengan  pepaya varietas lain yang sudah memiliki image di masyarakat, adalah karena varietas pepaya Merah Delima ini memiliki banyak keunggulan," tuturnya.

Keunggulan tersebut antara lain, varietas ini memiliki tingkat ketahanan terhadap penyakit yang lebih baik, daya tahan simpan buah lebih baik dan lebih lama, serta bisa di panen dengan indek kematangan 1 dengan kualitas yang cukup optimal selama haranya terpenuhi.

"Dari sisi rasa, varietas ini lebih manis, kenyal dan padat. Selain itu, pasar di sekitar Jabodetabek merespon sangat baik terhadap buah pepaya ini. Sekali mencoba akan ketagihan dan telah membuka minat hati para konsumen buah di Jabodetabek," tambahnya.

Intensitas pemetikan buah di MMU Farm mencapai 4 ton dan paling sedikit 2 ton per 5 harinya. Awalnya dilakukan pemisahan berdasarkan kualitas (grade). "Grade A di harga Rp. 5.000,-/kg, Grade B Rp 4.000,- dan grad C Rp. 3.000,-. Saat ini di kebun untuk semua grade di harga Rp. 9.000,-," bebernya.

Wibowo menuturkan harga tersebut sangat menjanjikan untuk petani pepaya, apalagi dengan garansi rasa dan kualitas atas budidaya yang baik mengikuti SOP dari Balitbu Tropika. "Sekarang, biaya pengeluaran untuk pemeliharaan dan pengelolaan kebun duriannya saat ini bisa diatasi oleh biaya penjualan dari pepaya Merah Delima," kelakar Mukti Wibowo.

Karena itu dirinya juga berharap para petani lain yang mengembangan varietas papaya Merah Delima ini juga merasakan hal yang sama, yaitu dapat memberikan keuntungan yang layak. "Salam Gandul, Salam Pepaya, Petani Pasti Jaya. Terimakasih buat Balitbu Tropika yang telah menciptakan varietas pepaya Merah Delima yang  sangat diminati oleh konsumen," tutupnya.

Reporter : Noor Roufiq dan M. Jawal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018