Thursday, 02 July 2020


Pesona Krisan Pot di Taman Sains Pertanian Sukarami Sumbar

24 Jun 2020, 11:45 WIBEditor : Gesha

Krisan pot | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Padang --- Krisan pot kini menjadi incaran pecinta tanaman  hias. Bahkan di Taman Sains Pertanian (TSP) Sukarami di Sumatera Barat, pesona krisan pot selalu dicari.

Kebutuhan tanaman hias pot sebagai dekorasi telah menjadikan krisan pot sebagai salah satu alternatif pilihan. Krisan pot memiliki beragam warna dan bentuk bunga yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai hiasan. 

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah mengembangkan varietas unggul krisan pot di wilayah Sumatera Barat. Varietas-varietas yang tengah dikembangkan tersebut terdiri dari Armita Agrihorti, Avanthe Agrihorti, Khanza Agrihorti, Naura Agrihorti, dan Zweena Agrihorti.

Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djudry dalam wawancaranya beberapa waktu lalu saat kunjungannya ke Cianjur menyampaikan bahwa potensi tanaman hias di Indonesia sangat melimpah, mudah-mudahan dengan banyaknya kolaborasi (seperti Balithi dan BPTP Sumbar) potensi tanaman hias kita bisa lebih ditingkatkan. 

Fadjry menambahkan Balitbangtan akan lebih mendorong atau mensupport dalam mendiseminasikan tanaman hias mengingat komoditas ini punya nilai yang sangat besar.

Senada dengan pernyataan tersebut diatas, Kepala BPTP Sumatera Barat Dr. Jekvy Hendra mengatakan banyak hasil-hasil inovasi tanaman hias yang sudah kami terapkan di lapangan baik di lokasi Taman Sains Pertanian (TSP) dan di Kabupaten lain di Sumatera Barat.

"Salah satu kewajiban kami di daerah adalah mendiseminasikan hasil inovasi Balitbangtan kepada masyarakat secara langsung," ujar Jekvy.

Saat ini budidaya krisan pot tengah dilakukan di lokasi TSP Sukarami yang merupakan bagian dari BPTP Sumatera Barat. Sebanyak 5700 benih krisan pot telah didistribusikan Balithi pada maret lalu untuk pengembangan tersebut.

Kepala Balithi Dr. Rudy Soehendi menyampaikan varietas unggul krisan telah banyak dikembangkan di wilayah sumatera barat melalui BPTP Sumbar. Banyak pengunjung TSP Sukarami yang tertarik kepada tanaman hias jenis krisan pot ini. 

Dengan adanya kolaborasi seperti ini diharapkan penyebaran teknologi inovasi yang telah dihasilkan Balitbangtan dapat terealisasi dengan cepat dan tepat sasaran.

Reporter : Irman, Wisnu, Sanuki Pratikno
Sumber : Puslithorti
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018