Tuesday, 14 July 2020


Tingkatkan Skill Petani dengan Pelatihan Hortikultura Organik

29 Jun 2020, 15:49 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Hortikultura Organik | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Lembang --- Komoditas Hortikultura organik kini semakin dicari di pasar nasional maupun Internasional. Karena itu, petani perlu ditingkatkan kemampuan (skill) agar produk hortikultura organiknya bisa menembus pasar dunia.

Pelatihan kali ini merupakan projek Taiwan Technical Mission (TTM) yang bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang (BBPP Lembang), pelatihan sendiri diadakan di Desa Cintalaksana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. 

Pelatihan ini diadakan dalam rangka kerjasama antara Taiwan Technical Mission dengan petani yang dibantu oleh Kementerian Pertanian yang diwakili oleh BBPP Lembang dan Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa).

Pimpinan Taiwan Technical Mission, Moh Gwo Jong menuturkan petani Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan produksi hortikultura dan dapat menguntungkan satu sama lain. "Karawang menjadi lokasi pilihan untuk menjalankan rencana kerjasama dikarenakan Karawang mempunyai lokasi yang strategis antara Jakarta dan Bandung sebagai lokasi utama pemasaran ke depannya," tuturnya.

Sehingga, dengan lokasi dan sdm yang sudah ideal maka produk yang dihasilkan pun akan cepat sampai ke tangan konsumen dengan mengedepankan produk organik yang sehat untuk dikonsumsi.

Kepala BBPP Lembang, Kemal Mahfud menuturkan bahwa tujuan dari diadakanya program ini adalah untuk mensejahterakan para petani. "Salah satunya dengan diberikan pelatihan dan bimbingan agar mendapatkan hasil yang baik dengan mengedepankan produk organik yang aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh konsumen," tuturnya.

Kemal mengakui, selama ini petani kesulitan dalam hal pemasaran oleh karena itu para petani tidak hanya difasilitasi pelatihannya saja akan tetapi dari awal penanaman hingga penjualan atau pemasaran.

Reporter : Rizalul Fikri dan Agnofi Merdeka Efendi
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018