Tuesday, 11 August 2020


Wagub Sumbar Kepincut Manisnya Jeruk Pacitan

01 Jul 2020, 16:09 WIBEditor : Gesha

Wagub Sumbar, Nasrul Abit | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Solok --- Diantara jeruk manis lainnya jeruk Pacitan tergolong paling manis sehingga sangat cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan bayi pun bisa mengkonsumsi jeruk ini sehingga jeruk ini dikenal dengan “Jeruk Baby". Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit pun langsung kepincut manisnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kota/Kab Solok berkesempatan panen berbagai varietas jeruk di di Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika- Balitbangtan di Sumani, Kab. Solok. 

Salah satu varietas jeruk yang berhasil mencuri perhatian Wakil Gubernur Sumatera Barat adalah jeruk Manis Pacitan. Varietas jeruk ini mempunyai rasa manis, tanpa biji dan disajikan dengan cara mengiris menjadi beberapa bagian. Manis Pacitan dapat dikonsumsi untuk semua usia termasuk bayi sehingga sering dikenal juga dengan nama  jeruk baby.

Wakil Gubernur Sumbar mengharapkan agar masyarakat dapat mengembangkan varietas jeruk yang sesuai untuk Sumatera Barat. Kepala Balitbu Tropika Ellina Mansyah menyampaikan bahwa untuk percepatan  pengembangan komoditas buah diperlukan dukungan dari pemerintah daerah setempat, pihak swasta dan anggota masyarakat.

“Daerah jeruk di Sumbar adalah di Kab.  Agam,  dan Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, dan Solok Selatan. Jenis yang dikembangkan adalah Jeruk Siam Gunung Omeh (Jesigo) dan membangkitkan kembali jeruk Keprok Kacang,” tambahnya.

Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry bahwa sinergi berbagai pihak sangat menentukan dalam keberhasilan pengembangan komoditas pertanian baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

Reporter : Ellina Mansyah
Sumber : Puslithorti
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018