Thursday, 06 August 2020


Pikat dengan Rasa, Jeruk Keprok Batu 55 Poktan Malang Pasok Kota Besar

27 Jul 2020, 13:11 WIBEditor : Gesha

Siap pasok kota besar dengan jeruk keprok batu 55 | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Sekitar 1600 hektar lahan tertanam jeruk keprok serta berbagai varietas lainnya. Sebaran lokasinya di desa gading Kulon dan Desa Kucur. Saat ini adalah panen raya untuk varietas jeruk keprok batu 55 dan memasok banyak kota besar se-Indonesia.

Musim panen raya jeruk sedang terjadi di Malang bersamaan dengan situasi musim kemarau tiba. Di Desa Gading Kulon tepatnya, di Kelompok Tani Sri Gading III.

Penyuluh Pertanian Pendamping Desa Gading Kulon, Uniek Halimatus mengkonfirmasi bahwa ini adalah langkah untuk memperluas pangsa pasar. “Hari ini pengiriman ke Jakarta, Jogjakarta, Semarang dan Surabaya. Grade jeruk A (terbaik), sehari setidaknya 1 ton dari Kelompok Tani Sri Gading III. Untuk lokal Malang Raya kita juga masih suplai dan siap juga dengan armada pengiriman," tuturnya.

Pengurus Poktan Sri Gading III Siswanto menjelaskan bahwa walau di masa pandemi, namun dengan ekstra hati-hati kami tetap kirim jeruk ke berbagai daerah dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas kesehatan untuk memastikan bahwa sopir dan tim yang mengangkut adalah sehat.

“Kita semua dari yang petik buah hingga tim pengiriman luar kota selalu dipantau kesehatannya, prosesnya dari petik di lahan, pemilihan grade, kemudian jeruk dibersihkan dengan kain satu persatu baru dipacking. Ada yang pakai kardus dan ada yang pakai kraff. Yang kardus  biasanya masuk ke super market atau toko buah," jelasnya.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dau Mahmudi Sudarto, SP juga menyatakan bahwa jeruk makin diminati dimasa Pandemi COVID 19.

“Wisata petik jeruk juga sudah mulai dibuka, walau dengan kuota harian setengah dari biasanya. Hal ini diperketat dengan protokol kesehatan, dimana pengunjung harus dalam keadaan sehat, bermasker dan terlebih dahulu cuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Dan jam berkunjung juga dikurangi dari jam normal biasanya," bebernya.

Semangat besar dari petani jeruk di Poktan Sri Gading III, didukung oleh penyuluh pertanian yang kreatif dan peduli serta peran BPP yang berperan aktif mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi produk petani lokal berkualitas adalah langkah-langkah konkrit di bidang pertanian, tidak hanya hortikultura namun juga sector lain termasuk peternakan, perkebunan dan olahan pangan di dalam menghadapi pandemik saat ini.

Reporter : Kiswanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018