Minggu, 14 April 2024


Mengenal Ragam Petai Unik dari Sumatera Barat

01 Sep 2020, 10:28 WIBEditor : Gesha

Petai banyak jenisnya di Sumatera Barat | Sumber Foto:Istimewa

3. Petai Palupuah

Petai milik petani bernama Kari Kadirun ini, terdapat di nagari Palupuah, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. Tanaman yang terletak di pinggir sungai di Palupuah ini memiliki keunikan berupa jumlah papan per dompol yang sangat banyak jika dibandingkan dengan rata-rata jumlah papan per dompol dari 60 aksesi petai yang ditemukan. 

Jumlah papan per dompol petai Palupuah berkisar antara 15-24 papan, sementara rata-rata jumlah papan petai lainnya kurang dari 12 papan. Petai Palupuah ini merupakan petai beras, atau petai yang memiliki papan pendek dan biji rapat, serta rasa enak.

4. Petai Tarantang

Petai Tarantang ditemukan di Nagari Tarantang, Lembah Harau Kabupaten 50 Kota. Petai ini memiliki jumlah papan per dompol yang banyak, serta papan yang rapat. Petai ini juga memiliki citarasa yang enak. 

Sebenarnya masih banyak petai unik yang ditemukan tim petai di Sumatera Barat. Dalam sebuah eksplorasi di Kabupaten Pesisir Selatan, diperoleh informasi petai unik yang diduga bukan termasuk ke dalam spesies Parkia speciosa, tetapi merupakan spesies kerabat petai.

Petai jenis ini dikenal dengan nama petai Lansano. Menurut masyarakat setempat, bentuk dan rasa buah sama dengan petai pada umumnya, hanya bentuk dan ukuran daunnya yang berbeda.

Petai Lansano memiliki daun berukuran besar dan bentuk daunnya mirip daun kedondong. Sayang dalam eksplorasi ke Pesisir Selatan, tanaman ini tidak berbuah.

Aksesi-aksesi petai unik hasil eksplorasi yang telah dilakukan Balitbu Tropika ini mungkin baru sebagian kecil dari potensi sumber daya genetik petai yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

Dukungan pemerintah daerah dalam melindungi dan mendaftarkan varietas potensial sangat diperlukan, karena pemerintah daerah adalah pemilik dari varietas asli setempat (indigenous) . 

Reporter : Kuswandi Balitbu Tropika
Sumber : Puslitbang Hortikultura
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018