Wednesday, 27 January 2021


Mudah dan Kekinian, Pelatihan Online Hidroponik Kian Diminati

09 Sep 2020, 07:19 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Online Hidroponik Dinas KPKP Jakarta | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta Timur - - Budidaya sayuran hidroponik di Jakarta semakin dikenal luas. Pelatihan-pelatihan hidroponik tidak pernah sepi dari peserta, kendati dilaksanakan secara online untuk waspada Covid-19.

Seperti yang dilaksanakan pada Minggu (6/9) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, sebanyak 75 orang peserta dari Badan Pekerja Mamre (perkumpulan) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Klasik Jakarta Kalimantan mengikuti Pelatihan online budidaya sayuran hidroponik. Peserta yang hadir di lokasi sebanyak 15 orang, sedangkan yang mengikuti secara online 60 orang.

Narasumber pelatihan ini adalah praktisi Urban Farming yang aktif mengelola tanaman di Balaikota Farm (Balkot Farm), miniatur pertanian perkotaan 4.0 yang berlokasi di kantor Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Haryati, Apit Kurniawan, dan Okraben Oematan. Selain itu Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Mujiati juga memberikan sambutannya. 

“Keunggulan teknologi hidroponik ini banyak sekali, yaitu hemat lahan karena tidak perlu tanah, hemat air, hemat waktu dan tenaga kerja, produktivitas lebih tinggi karena lebih cepat panen, nilai jual lebih tinggi karena hasilnya bersih, segar, dan sehat, serta tidak tergantung pada musim. Mempelajarinya pun lebih mudah bagi pemula,” kata Kabid Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati.

Para peserta mendapatkan materi pelatihan berupa pengenalan hidroponik oleh Haryati, praktek cara memulai hidroponik oleh Okraben, serta pengolahan hasil pertanian dari sayuran hidroponik oleh Apit Kurniawan. 

“Budidaya sayuran hidroponik ternyata dapat meningkatkan ketahanan pangan. Selain itu dapat menghemat pengeluaran karena sayuran dapat ditanam sendiri, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang kita harus membatasi diri keluar rumah tidak perlu jauh-jauh cari sayuran. Juga bisa dilakukan saat santai berolahraga,” kata Ginting, Panitia Pelaksana kegiatan ini.

Senada dengan Ginting, para peserta pelatihan juga mengapreasiasi para narasumber karena materi yang diberikan mudah dipahami, dan memotivasi mereka untuk bertanam sayuran hidroponik. 

“Areal Bumi Perkemahan ini sangat bagus untuk kegiatan pelatihan hidroponik. Para peserta khususnya yang hadir dapat mengikutinya dengan baik. Semoga semakin dikenal dan menarik minat masyarakat luas,”kata Haryati, salah seorang narasumber.

Pada kesempatan ini diserahkan bantuan bibit tanaman buah sebanyak 125 pohon yang terdiri dari jambu biji, jeruk lemon, dan cabe, serta berbagai benih sayuran. Bibit tanaman dan buah-buahan berasal dari UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI Jakarta.

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018