Saturday, 24 October 2020


Mudahnya Tanam Jeruk Nipis di Pekarangan

15 Oct 2020, 15:00 WIBEditor : Gesha

Tanam jeruk nipis di pot | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Menanam jeruk nipis, sangatlah mudah. Dapat dilakukan di pekarangan Anda lho, mumpung weekend mari coba bertanam jeruk nipis.

Jeruk nipis memang miliki segudang manfaat. Untuk pengobatan, jeruk nipis diklaim dapat menyembuhkan batuk. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C-nya dan antioksidannya dapat menjaga kekebalan tubuh. Di masakkan pun kegunannya banyak, khususnya dapat menghilangkan bau amis pada daging ikan dan ayam.

Daripada beli jeruk nipis terus menerus, lebih asyik jika bertanam sendiri. Benihnya pun tidak perlu membeli, hanya menggunakan biji dari jeruk nipis yang telah digunakan. Ambil biji jeruk nipis dan simpan di dalam tempat yang teduh selama 3-4 hari. Ketika kering dan lendirnya hilang, biji jeruk nipis dapat mulai disemai.

Siapkan pot yang berisi tanah yang dicampurkan pupuk kompos atau kandang dengan perbandingannya 3:1. Buat lubang di tengahnya dengan kedalaman 30 cm dan masukkan biji jeruk nipis. Masukkan pupuk kandang setebal 3-5 cm di atasnya. Timbun dengan media tanam (campuran tanah dan pupuk).

Jeruk nipis ini tipikal tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang cukup karena akan menghasilkan airnya yang banyak. Jadi pot harus ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari, tetapi tidak langsung terkena air hujan. 

Ketika tingginya sudah 25-30 cm, tanaman jeruk nipis ini dapat dipindahkan ke tempat terbuka atau pot yang lebih besar. Karena biar perakarannya dapat masuk ke tanah lebih dalam. Ingat, tanaman ini harus disiram setiap hari pada pagi dan sore hari. 

Perawatannya selain disiram, harus diperhatikan juga hama dan penyakit yang ada. Biasanya hama yang muncul adalah kutu putih. Untuk membasminya dapat menggunakan pestisida untuk kutu putih. Tetapi ingat, harus tepat guna dan dosis. Jangan berlebihan.

Perawatan jeruk nipis biasanya memerlukan waktu hingga 8 bulan hingga berbuah dan dapat dipanen. Mudah bukan menanam jeruk nipis. Yuk, langsung kita praktikan di rumah

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018