Friday, 22 January 2021


Gudangnya Urban Farming Ada di Jakarta, Yuk Ikuti Panen Serentaknya

29 Nov 2020, 22:21 WIBEditor : Gesha

Panen serentak | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kegiatan pertanian perkotaan (Urban Farming) kian menjadi trend masyarakat Jakarta. Di tengah kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19, penggiat Urban Farming mampu menjadikan lingkungannya sebagai sumber pangan bergizi yang bermanfaat untuk ketahanan pangan.

Sebagai gudangnya penggiat urban farming, DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta meyelenggarakan “Panen Serentak Kegiatan Pertanian", Senin (30/11) jam 8.00 – 10.00 WIB secara virtual.

Dinas KPKP berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, PT Indonesia Power UPJP Priok dan PT. Bank DKI. 

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kami atas peran aktif para penggiat Urban Farming. Melalui pelaksanaan panen serentak ini diharapkan akan memotivasi dan menumbuhkan minat pertanian perkotaan kepada warga Jakarta," tutur Plt. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Urban farming di DKI Jakarta ini, dalam jangka panjang akan menjadikan Jakarta yang berketahanan pangan di mana salah satu indikatornya adalah kemampuan untuk penyediakan sumber pangannya sendiri.

Panen serentak ini akan dilaksanakan secara virtual, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Lokasi panen sebanyak 228 yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta, berada di perkantoran, kelompok tani, RPTRA, sekolah, dan kantor Polsek. Hasil panen diperkirakan mencapai 63 ton dengan rincian : pertanian (62,3 ton), perikanan (0,7 ton), dan peternakan (160 ekor).

Pada acara ini sekaligus akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PT TaniHub dengan Kelompok Tani Karang Taruna 02 Kemang Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

"Salah satu poin kerjasamanya adalah PT TaniHub akan membantu dalam pemasaran hasil pertanian yang dilakukan petani kota Jakarta," tambah Suharini.

Selain itu, akan dilakukan penyerahan secara simbolis Jakcard Edisi Khusus Urban Farming bagi penggiat Urban Farming Jakarta. Pada tahap awal, Bank DKI akan memberikan Jakcard Edisi Khusus kepada 160 orang.

Penasaran ? Ayo Ikuti Live On Zoom di YouTube “Go JakFarm DKI Jakarta di https://youtu.be/4qD6DW_wUJE.

Jangan sampai ketinggalan!

 

 

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP DKI Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018