Friday, 16 April 2021


Warganya Sukses Urban Farming, Jakarta Panen Serentak

02 Dec 2020, 12:39 WIBEditor : Gesha

DKI Jakarta menggiatkan urban farming | Sumber Foto:DINAS KPKP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Pertanian perkotaan (Urban Farming) Jakarta menuai sukses besar. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan keluarga kini telah membuat mereka semakin kreatif memanfaatkan ruang untuk bertani. Hasilnya sungguh menggembirakan, warga Jakarta berhasil panen aneka komoditas pertanian, peternakan, dan perikanan, Senin (30/11).

Di tengah situasi pandemi Covid-19, acara panen serentak dilakukan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan. Acara dipandu oleh Narji “Cagur”, seorang komedian terkenal yang kini juga menggeluti Urban Farming. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memfasilitasi publikasi panen ini berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, didukung oleh PT Bank DKI dan PT Indonesia Power. 

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk masyarakat yang mendukung ketersediaan pangan di Jakarta. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sebanyak 1135 orang ikut berpartisipasi, tersebar di 228 titik di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Selain panen sayuran, ada juga panen ikan, rumput laut, dan peternakan. Hal ini tentunya bermanfaat juga untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga,” kata Plt. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin juga menyampaikan apresiasinya atas kegiatan panen yang mencapai 63 ton dengan rincian : pertanian (62,3 ton), perikanan (0,7 ton), dan peternakan (160 ekor).

“Saya bangga dapat menyaksikan secara langsung sinergi warga Jakarta dalam upaya terus menjaga ketahanan pangannya dengan melakukan kegiatan pertanian, perikanan, dan peternakan. Di masa pandemi Covid-19 tetap dapat produktif walaupun dengan keterbatasan lahan, namun mampu memproduksi pangan bukan hanya untuk kebutuhan sendiri tetapi untuk masyarakat. Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada penggiat pertanian perkotaan. Semoga kian menambah motivasi para penggiat untuk lebih meningkatkan usahanya,” kata Dadang

Lebih lanjut Dadang menuturkan bahwa pada masa pandemi Covid-19,  sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Jakarta. Kebutuhan konsumsi yang tinggi untuk rumah tangga, hotel, restoran, dan lain-lain menunjukkan besarnya peluang sektor ini untuk dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendorong perekonomian daerah.

Panen serentak ini juga dihadiri oleh Walikota antara lain : Walikota Jakarta Timur (M. Anwar), Walikota Jakarta Utara (Sigit Wijatmoko), Walikota Jakarta Selatan (Marullah Matali), Walikota Jakarta Barat (Uus Kuswanto), Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu diwakili jajaran Walikotanya, hadir juga Plt. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Kepala Bidang Pertanian, dan para Kepala Suku Dinas KPKP se-DKI Jakarta. Selain itu hadir SKPD terkait, aparatur Kecamatan, Kelurahan, serta RT /RW setempat.

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau akrab disapa Ariza juga mengikuti pelaksanaan panen serentak secara virtual. “Semoga pertanian perkotaan (Urban Farming) semakin menjadi budaya kita semua. Saya ikut bangga karen kegiatan pertanian ini juga diikuti oleh para siswa yang kita cintai. Hormat saya untuk kolaborasi lintas dinas,” kata Wagub Ariza.

Pihak yang mendukung keberhasilan Urban Farming ini antara lain PT Indonesia Power. Anak perusahaan PT PLN (Persero) bidang pembangkitan listrik ini memberikan CSR nya untuk mengembangkan jamu tradisional produksi warga Sunter, Jakarta Utara. Hal ini membawa dampak kontribusi perekonomian UMKM di sekitarnya.

PT Bank DKI juga memberikan apresiasinya dengan penyerahan secara simbolis Jakcard Edisi Khusus Urban Farming bagi penggiat Urban Farming Jakarta. Pada tahap awal, Bank DKI akan memberikan Jakcard Edisi Khusus kepada 160 orang.

Untuk membantu pemasaran produk pertanian warga Jakarta, PT TaniHub melakukan kerjasama dengan Kelompok Tani Karang Taruna 02 Kemang Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan, ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama.

 

 

 

 

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018