Sunday, 24 January 2021


Teknologi Proliga, Solusi Tingkatkan Produksi Cabai Urban Farming Jakarta

16 Dec 2020, 09:51 WIBEditor : GESHA

Penggiat urban farming DKI Jakarta diberi bimtek cabai proliga | Sumber Foto:Dinas KPKP Jakarta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Perkembangan pertanian perkotaan (Urban Farming) di Jakarta yang kian pesat berdampak positif pada ketahanan pangan dan perekonomian warga. Salah satu komoditas yang bernilai ekonomi tinggi adalah cabai, sehingga menarik minat para penggiat Urban Farming untuk membudidayakannya. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman cabai, kini telah ada paket teknologi Produksi Lipat Ganda (Proliga). 

Kementerian Pertanian RI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Kolaborasi Pengembangan Urban Farming di DKI Jakarta, salah satunya dengan mengembangkan budidaya cabai di Jakarta dengan paket teknologi Proliga. Teknologi  disusun oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Teknologi ini menitikberatkan pada penggunaan varietas unggul, persemaian sehat yang memproduksi bibit bebas hama dan penyakit, pengaturan pola tanam menjadi zigzag double row, serta pemenuhan kebutuhan unsur hara dan manajemen hama penyakit tanaman.

Karena itu, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan "Bimbingan Teknis Budidaya Cabai menggunakan Teknologi Produksi Lipat Ganda (Proliga) pada Selasa (8/12) di BPP Ragunan Pasar Minggu, Jakarta. Bimtek ini diharapkan menjadii solusi bagi para penggiat Urban Farming Jakarta yang menggeluti budidaya cabai agar hasilnya lebih meningkat.

“Pemanfaatan ruang merupakan kunci dalam pertanian perkotaan. Meskipun dengan luas lahan yang terbatas, namun dengan teknologi yang tepat, dapat dihasilkan hasil pertanian yang optimal untuk memenuhi minimal kebutuhan rumah tangga sendiri.  Kegiatan kawasan tanam cabai ini juga dapat menjadi ajang untuk memupuk kebersamaan dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Jakarta,” kata Kepala BPTP Jakarta, A.Arivin Rivaie, M.Sc.

Para peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek di BPP Ragunan Jak Sel ini adalah warga masyarakat atau kelompok tani. Kurang lebih ada 23 titik lokasi di Jakarta Selatan yang akan dimanfaatkan warga untuk mulai melakukan berbudaya cabai. Narasumber pada Bimtek ini adalah  Dr. Kukuh Bagus Udiarto dari Balitsa, Balitbangtan.

Pada kesempatan ini para peserta selain mendapatkan materi teori dan praktek tentang budidaya cabai berteknologi Proliga, juga mendapatkan benih cabai rawit dan likat kuning dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian yang diserahkan melalui Dinas KPKP DKI Jakarta. Total benih yang diterima sebanyak 1.692 sachet dan 376 lembar likat kuning untuk didistribusikan kepada 72 poktan di enam wilayah kota DKI Jakarta. Benih langsung diserahkan pada para peserta sesuai dengan luasan yang dimiliki Kelompok Tani.  

"Kita akan selalu bersinergi untuk mengembangkan pertanian di DKI Jakarta. Monitoring dan pendampingan akan terus dilakukan oleh kasatlak di setiap kecamatan.  Kelompok tani yang terpilih kami harapkan menjaga amanah yang telah diberikan.Terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas program kawasan tanaman cabai,” kata Kepala Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Selatan, Hasudungan Sidabalok.

Pelaksanaan Bimtek juga akan diselenggarakan di wilayah DKI Jakarta lainnya, sehingga teknologi tepat guna tersebut dapat disosialisasikan dan membawa manfaat besar bagi warga Jakarta.

“Harapan kami dengan adanya kolaborasi seperti dapat menambah semangat warga Jakarta dalam memanfaatkan ruang ruang  yang ada untuk bercocok tanam, sehingga kegiatan urban farming semakin berkembang dengan baik, “ kata Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP Jakarta, Mujiati.                                                                                                                                                                                                    

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018