Sunday, 28 February 2021


Potensi Srikaya, Siap Bikin Kaya Petaninya

21 Jan 2021, 07:23 WIBEditor : Gesha

Srikaya dari Sumenep | Sumber Foto:Delly

TABLOIDSINARTANI.COM, Sumenep ---  Buah srikaya. Memang tidak sefenomenal durian atau belum sepopuler pisang ambon. Namun perlahan mulai menyeruak di tengah-tengah masyarakat kita. Srikaya konon dari Australia, namun makin banyak ditanam di Jawa, Jawa Timur salah satunya. Selain Pasuruan, ternyata Sumenep Madura juga memiliki potensi tersembunyi buah srikaya.

Srikaya sudah ‘dicoba’ untuk menjadi magnet di Sumenep Madura Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, event ‘Festival Srikaya Sumenep’ tahun 2019 tidak hanya sekedar ekspos buah srikaya dan aneka olahan turunannya, namun sudah menjadi agenda wisata pangan dan wisata kearifan lokal.

Ini jadi satu bukti bahwa pertanian, hortikultura, srikaya dan produk olahan turunannya bisa menjadi satu keunggulan daerah. Pertanyaannya adalah, bagaimana dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, bagaimana mengemas srikaya agar tetap menjadi keunggulan daerah, dalam hal ini Sumenep?

Seorang Penyuluh Pertanian, Delly Kapila tidak kekurangan akal untuk mempublikasikan potensi besar, yakni buah srikaya di daerahnya. Dengan channel youtube, dia eksplorasi kekayaan srikaya untuk bisa dinikmati oleh banyak orang melalui video yang sudah diunggahnya beberapa minggu yang lalu.

“Buahnya manis, dagingnya tebal, mantul pokoknya. Srikaya hampir ditanam di semua Desa di Kecamatan Bluto Sumenep. Saat panen awal harga masih bagus, harga buah srikaya lebih terjangkau sekitar 25 hingga 35 ribu setiap 10 bijinya. Anjuran lebih banyak makan buah saat pandemi akan bisa terwujud dengan makin melimpahnya panen srikaya milik petani. Srikaya memang siap bikin kaya petaninya," tutur penyuluh milenial dari Madura ini.

Back to home. Back to fruits. Potensi srikaya memang tidak hanya untuk dikonsumsi segar. Ratusan resep dengan bahan dasar srikaya dan perpaduan bahan lain sangat banyak dan mudah ditemukan. Saat di rumah, sepertinya paling asyik nyobain aneka resep makanan khas Indonesia dengan bahan dasar srikaya, mulai dari ketan pandan srikaya, jus buah srikaya, pisang goreng srikaya, srikaya pisang kukus, pisang bakar srikaya, srikaya mangga, pisang gapit srikaya keju, ketan srikaya naga ceria, sukun srikaya goreng dan selai srikaya. Semua dari bahan yang ada di sekitar kita dan bisa menjadi satu produk baru berbahan dasar srikaya. Srikaya siap bikin kaya petaninya dan siap bikin kaya desanya.

Reporter : Kiswanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018