Saturday, 06 March 2021


Greenhouse Kepulauan Seribu Dukung Warga Pulau Ber-Urban Farming

30 Jan 2021, 16:34 WIBEditor : Gesha

Greenhouse di Kepulauan Seribu | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Kepulauan Seribu --- Selain sektor perikanan dan wisata bahari, potensi besar lainnya adalah pengembangan pertanian perkotaan (Urban Farming). Di beberapa titik wilayah Kepulauan Seribu telah terdapat fasilitas pendukung Urban Farming seperti peralatan hidroponik serta Green House.  

Green House ini bermanfaat untuk pertanian, antara lain sebagai rumah pembibitan dan budidaya tanaman, juga melindungi tanaman dari cuaca ekstrim serta serangan hama.

Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Kelapa Harapan, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara ini pun merasakan manfaat yang luar biasa dari keberadaan greenhouse ini.

Bahkan, Kamis (28/1) sudah dilakukan panen bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Tak tanggung-tanggung ada 98,5 kilogram kangkung dan 46,5 kilogram caisim yang dipanen saat itu.

“Saya sangat mengapresiasi pendampingan dan pembinaan dari organisasi perangkat daerah terkait. Minimal untuk kebutuhan warga pulau saja dapat terpenuhi, itu sudah sangat bagus dan solutif. Ketahanan pangan di pulau-pulau permukiman pun terjaga,” kata Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Idris saat menghadiri panen raya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, yang bahkan berkeinginan untuk menambah bangunan Green House.

“Pertanian perkotaan ini akan terus dikembangkan dan menjadi role model di tiap tiap pulau permukiman. Sehingga bisa berkontribusi menjaga ketahanan pangan di Kepulauan Seribu, “ tuturnya.

Green House yang merupakan bantuan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian tahun 2020 ini dikelola oleh Poktan, warga setempat, bersama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu.

“Masyarakat Kepulauan Seribu lebih maju dalam menerapkan pola konsumsi pangan. Urban Farming semakin diminati masyarakat khususnya kaum milenial. Bantuan bibit serta peralatan berasal dari Kementerian Pertanian, sementara pembinaannya dilakukan oleh Sudin KPKP Kepulauan Seribu,” kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Devi Lidya. 

 

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP DKI Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018