Saturday, 06 March 2021


Mengenal Kale, Si Ratu Sayuran

17 Feb 2021, 08:21 WIBEditor : Gesha

Jenis jenis Kale | Sumber Foto:Mommy Ike

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Pernah mencoba sayur kale?Kalau belum yuk dicoba karena si ratu sayuran ini punya kandungan gizi tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Makanya tak salah jika di luar negeri, kale juga dijuluki superfood. Mari kita kenali beragam jenis kale.

Kale atau borecole masuk ke dalam spesies tanaman Brassica oleracea kelompok Acephala.Kale adalah jenis sayuran berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, kailan, dan sawi.

Satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat yang membantu proses pencernaan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat dan vitamin B yang penting untuk perkembangan otak, asam alpha-linolenic dan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, lutein, zeaxantin, fosfor, kalium, kalsium, dan seng.

Kale pantas menyandang nama ‘superfood’ atau ‘queen of vegetable’, sebab jika dibandingkan dengan bayam yang kaya nutrisi, kale masih memimpin. Di dalam kale terkandung kalsium dan protein yang lebih tinggi dari bayam. Satu porsi kale memiliki lebih dari empat kali lipat jumlah vitamin C dan lebih banyak vitamin A daripada bayam dengan porsi yang sama.

Keluarga sayuran ini dapat meningkatkan kesehatan sistim pencernaan kita, menyeimbangkan tekanan darah, melindungi terhadap resiko kanker dan diabetes tipe 2 karena membantu mengeluarkan toksin dari liver. Kale bisa dikonsumsi sebagai campuran sayur pada salad, smoothies. Untuk yang sedang diet, jus sayuran kale ini sangat sangat ampuh. 

Adapun jenis kale ini bisa menjadi pilihan Anda bertanam :

Kale Nero

Kale nero memiliki daun yang berwarna hijau dan berbentuk pedang (bentuk memanjang) serta kaku.  Tepi daun bergelombang, dan tebal. Permukaan daun mengkilat.

Kale Curly

Kale jenis ini memiliki ciri daun mirip selada keriting. Lekukan tepi daun sangat banyak hingga menyerupai gerigi. Warna daun dan tulang daun hijau. Daunnya pun lebih empuk, tipis daripada kale Nero.  Permukaan daun mengkilat.

Kale Siberian

Kale ini memiliki Warna hijau terang dan memiliki sedikit rasa manis. Lebih empuk dari kale Nero. Kale ini lebih empuk daunnya dari Kale Nero, cocok sebagai salad.

Kale Red Russian

Kale red russian memiliki batang dan tulang daun berwarna ungu. Sedangkan daunnya hijau dengan sedikit warna ungu. Tepi daun bergelombang. Permukaan daun tidak mengkilat. Tekstur daunnya lebih empuk dari Kale Nero, cocok sebagai salad.

Kale Scarlet

Kale scarlet mirip dengan kale curly. Yang membedakan hanya warnanya saja. Kale scarlet didominasi oleh warna ungu mulai batang hingga daunnya. Permukaan daun mengkilat. Biasanya dipakai untuk garnish makanan juga karena warnanya yang unik.

Kale Chinese (Kailan)

Kalau ini, semua orang pasti mudah mengenalinya. Kale jenis Ini mudah didapatkan di supermarket atau restoran masakan chinese. Disebut kailan atau gailan. Enak direbus lalu ditambahkan bumbu saos tiram dan bawang putih goreng di atasnya.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018