Saturday, 06 March 2021


Tanaman Cincau Hitam, Pengentas Kemiskinan Petani di Vietnam

22 Feb 2021, 14:13 WIBEditor : Gesha

Cincau Hitam menjadi penyelamat petani Vietnam | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Siapa sangka tanaman cincau hitam yang hanya biasa ada di pasar-pasar tradisional di pedesaan hingga supermarket-supermarket , justru menjadi penyelamat dan pengentas kemiskinan petani di Vietnam. Bagaimana caranya?.

Tanaman cincau hitam menjadi emas penyelamat bagi petani daerah Thach An, Provinsi Cao Bang, Vietnam. Daerah ini dianugerahi alam dengan iklim sejuk, tanah yang cocok bagi pertumbuhan pohon cincau hitam. Dengan hampir 100 hektar area untuk bercocok tanam cincau hitam, Kecamatan Duc Thong memiliki area penanaman jenis tanaman ini yang terbesar di Kabupaten Thach An. 

Dilansir dari VOVWorld.VN, seorang warga etnis minoritas Dao di Kecamatan Duc Thong, Trieu Thi Hien menuturkan dengan kondisi iklim yang sejuk sepanjang tahun, tanah yang sesuai, sejak 2016 keluarganya telah menanam lebih dari satu hektar pohon cincau hitam dengan pendapatan sekitar 60 juta VND per tahun.

Biasanya, Daun pohon cincau hitam dibeli oleh para pedagang dan dibawa ke basis-basis produksi cincau di banyak daerah atau diekspor mentah ke Tiongkok. Di daerah setempat juga ada banyak basis pengolahan cincau hitam untuk menciptakan pendapatan dan lapangan kerja bagi puluhan orang.

Pemilik pengolahan cincau hitam di Kecamatan Dong Khe, Kabupaten Thach An, Le Thuy menuturkan pertanaman cingcau hitam ini menjadi penyelamat ekonomi petani. "Seperti keluarga saya juga menciptakan lapangan kerja bagi 10 tenaga kerja. Pada saat panen besar, keluarga saya menghasilkan lebih dari 1000 kotak cincau hitam, atau hampir 2 ton cincau setiap hari, distribusi pun meluas ke berbagai provinsi di Vietnam Utara," ungkapnya.

Di Kabupaten Thach An, Provinsi Cao Bang, pohon cincau hitam ditanam secara terpusat di kecamatan-kecamatan: Duc Thong, Quang Trong, Canh Tan, Minh Khai, dan sebagainya. Tahun ini total area penanaman pohon cincau hitam di Kabupaten Thach An mencapai lebih dari 360 hektar, hasil produksi diperkirakan mencapai lebih dari 2000 ton, dan bernilai sekitar 80-100 miliar VND setiap tahun. 

Sekarang pohon cincau hitam telah berkembang menjadi pohon yang “memperkaya” bagi banyak petani di Kabupaten Thach An. Kepala Bidang Pertanian di Kabupaten Thach An, Provinsi Cao Bang, Vu Duc Thien menuturkan dari setiap area seluas 1 hektar bisa dihasilkan 6 ton. Dengan harga 30.000 VND per kilogram, maka akan didapat pendapatan lebih dari 100 juta VND.

Oleh karenanya, nilai ekonomi pohon cincau hitam lebih tinggi daripada tanaman pertanian tradisional, seperti padi, jagung, dan sebagainya. Kabupaten Thach An menetapkan sebagai jenis tanaman andalan, membantu warga terbebas dari kelaparan dan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja lebih baik.

Butuh Investor

Hingga saat ini produk cincau hitam yang diproduksi di Kabupaten Thach An (Provinsi Cao Bang) dipasarkan ke berbagai daerah. Namun, basis-basis produksi di daerah masih kecil karena kemampuan produksi masih terbatas.

Sekretaris Komite Partai Komunis Kabupaten Thach An, Hoang Van Thach mengatakan di waktu mendatang, mengimbau para investor untuk membangun pabrik cincau hitam di daerah. Sekarang produksi cincau hitam masih terbatas. Yang diekpor ke Tiongkok adalah daun cincau hitam kering, tidak bernilai tinggi. Kami juga telah menyampaikan kepada Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vietnam untuk mendaftarkan merek produk cincau hitam di daerah.

Saat ini, sudah ada beberapa proyek penelitian sains teknologi pengolahan cincau hitam yang sesuai dengan kondisi produksi Provinsi Cao Bang, seperti memproduksi cincau hitam segar dari resin pohon cincau hitam, proses produksi bubuk cincau hitam siap pakai, proses pembuatan bubuk cincau hitam siap pakai dari resin pohon cincau hitam untuk dikemas ke dalam kotak, dan bubuk cincau hitam siap pakai.

 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018