Friday, 16 April 2021


Nagami, Jeruk Mini Kaya Manfaat dan Mudah Ditanam

28 Mar 2021, 17:45 WIBEditor : Yulianto

Zakiah Ambadar dengan jeruk mini | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM---Jeruk yang biasa kita temui di pasaran sangat beragam, mulai dari jeruk Pontianak, jeruk Bali, hingga jeruk nipis. Salah satu jeruk yang memiliki banyak manfaat adalah jeruk Nagami.

Jeruk ini daunnya mengandung banyak minyak atsiri, buahnya mengandung gula, asam organik, kaya serat dan vitamin seperti vitamin A, B, C juga mineral seperti kalsium dan zat besi. 

Dengan kandungan tersebut, jeruk Nagami berguna untuk mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya. Buah ini juga cocok dikonsumsi bagi yang sedang berdiet. 

Nagami merupakan satu varian jeruk kumquat selain marumi. Pohon kumquat termasuk dalam keluarga tanaman berbunga, tumbuh setinggi 2,5-4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Daunnya hijau mengkilap, berbunga putih mirip bunga jeruk. 

Tanaman yang berasal dari Asia ini sangat populer di China sejak abad ke-12. Karena aroma dan rasanya menyerupai jeruk, kemudian kumquat varietas nagami ini lebih dikenal dengan nama jeruk Nagami. 

Bentuk buah yang kecil lonjong dengan kulit buah yang tidak pahit, sehingga memungkinkan  jeruk ini untuk langsung disantap bersama kulitnya. 

Bibit yang dijual di pasaran biasanya merupakan hasil okulasi (menggunakan pohon jeruk nipis) dan ditanam dalam polybag siap tanam. Tanaman ini dapat ditanam di tanah langsung atau menggunakan pot.

Namun kebanyakan orang memilih menanam dalam pot karena tingginya tidak mencapai 1 meter untuk tanaman berumur 6 tahun dan yang terpenting buahnya selalu lebat.

Salah satu yang menanam jeruk nagami adalah Zakiah Ambadar. “Saya beli pohon jeruk ini dan Alhamdulillaah sekarang berkembang biak dan banyak, uniknya jeruk ini kaya manfaat dan bisa dimakan beserta kulit kulitnya, rasanya manis segar dan tidak pahit,” ujarnya pada Sinartani saat ditemui dikediamannya beberapa waktu lalu.

Zakiah memperbanyak jeruk nagami dengan cara menanam di pot. “Saya tanam dalam pot dan tidak saya pindahkan. Pohonnya kecil, tapi buahnya selalu banyak. Kalau saya mau makan cukup tinggal petik dan saya cuci bersih kemudian disajikan,” imbuhnya. 

Keunggulan menggunakan pot yaitu mudah perawatan. Karena bentuk pohonnya yang mungil, sehingga dapat difungsikan juga sebagai tanaman hias, khususnya pada saat berbuah.

Cara perawatannya pun sangat mudah. Berbekal teknik berkebun sederhana, Zakiah hanya melakukan pemangkasan pohon, pencabutan tumbuhan pengganggu, pemberantasan hama tanaman, penggemburan tanah, penyiraman dan pemupukan. 

Perlu diketahahui, tanaman ini cocok ditanam di daerah berhawa panas seperti Jakarta. Apakah kalian tertarik menanamnya?

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018