Wednesday, 14 April 2021


WOW ! Pisang Jumbo Mulyo, Siap Menjadi Icon Baru Jatim

05 Apr 2021, 19:40 WIBEditor : Gesha

Pisang Jumbo Mulyo | Sumber Foto:PPL Dampit

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur kini akan memiliki icon baru melengkapi jeruk dan apel Malang yang lama melegenda. Kali ini giliran Pisang Jumbo Mulyo yang siap mencuri perhatian.

Satu pencapaian menggembirakan belum lama ini kita saksikan di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Malang, Kecamatan Dampit Desa Srimulyo, dimana orang nomor satu di Jawa Timur, yakni Khofifah Indar Parawansa yang berkesempatan turun ke lokasi sentra pisang dan telah memberikan satu nama untuk pisang yang berukuran jumbo yaitu pisang Mulyo.

Pisang ini berbeda dengan tanaman pisang lainnya, 1 tandan bisa setinggi 1,5 meter bahkan lebih. Menariknya, 1 tandan bisa berisi 17-22 sisir. Jadi ketika menjelang tua dan masak pohon, maka pohonnya harus diganjal atau ditahan dengan kayu atau bambu supaya tidak roboh.

Koordinator BPP Kostratani Dampit, Slamet Jajang membenarkan bahwa pisang Mulyo akan menjadi satu komoditas subsektor hortikultura yang bukan hanya produk unggulan Dampit dan Kabupaten Malang, melainkan sangat mungkin menjadi produk unggulan Jawa Timur.

"Saya berterima kasih kepada penyuluh Desa Srimulyo yakni Kadarianto dan dibantu seluruh tim penyuluh BPP Dampit yang telah mendampingi petani hingga lahir satu komoditas unggulan pisang jumbo Mulyo," bebernya.

Memang sejak awal, dua orang penyuluh yang fokus dan konsisten pada pengembangan pisang adalah Kadarianto dan Prihantono. "Hingga saat ini kita masih terus mengawal dan mendampingi hingga dilakukan semacam sertifikasi dan jika perlu hak cipta agar nantinya tidak diklaim oleh orang lain atau bahkan negara lain," tegasnya.

Gema pisang jumbo Mulyo dalam waktu sekejap menarik minat banyak pelaku usaha pertanian di sekitar Dampit dan Malang Selatan. Musim hujan yang masih dengan intensitas tinggi menjadi satu pendukung bagi petani atau pelaku usaha untuk mengembangkan pisang Mulyo di lahan mereka.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Malang, bahkan Pemerintah Kabupaten Malang sekalipun sangat bersuka cita karena komoditas mereka siap mewakili Jawa Timur menjadi komoditas yang sangat menguntungkan.

Di masa pandemi ini, konsisten menemukan hal baru atau inovasi produk pertanian yang memiliki kualitas dan kuantitas bagus, harus terus dilakukan sektor pertanian.

Jika produksi ditingkatkan maka ini berita gembira bagi petani karena jelas akan menambah penghasilan mereka. Langkah-langkah lebih lanjut adalah bagaimana menjaga stabilitas harga dengan tetap terus meningkatkan kualitas produksi dengan penanganan semua proses atau fase budidaya dan pasca panen hingga berakhir di tangan konsumen.

Pisang Mulyo sebagai satu kejutan positif di masa pandemi akan dengan cepat menjadi primadona baru bagi pelaku usaha dan petani khususnya di bidang hortikultura.

Tantangan juga tentu bagi para milenial di Jawa Timur yang ingin melirik usaha hortikultura dan menguasai pasarnya, salah satunya adalah pasar luar negeri. 

===

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Kiswanto dan TIM PPL Dampit
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018