Friday, 16 April 2021


Kunjungi Gang Hijau, Dinas Pangan Kota Solok Apresiasi Urban Farming DKI Jakarta

08 Apr 2021, 13:36 WIBEditor : Gesha

Kunjungan Dinas Pangan Kota Solok disambut oleh RW 06 Kelurahan Petojo Utara Kecamatan Gambir Jakarta Pusat. | Sumber Foto:Dinas KPKP DKI Jakarta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Lokasi pertanian warga Jakarta yang salah satunya terdapat di Gang Hijau, merupakan terobosan kreatifitas pemanfaatan ruang. Potensinya ternyata cukup besar menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Dinas Pangan Kota Solok beserta sejumlah unsur Bappeda Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja di Jakarta pada Rabu (7/4). Setelah menghadiri pertemuan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, rombongan mengunjungi salah satu lokasi Gang Hijau.

Gang Hijau yang dikunjungi berada di RW 06 Kelurahan Petojo Utara Kecamatan Gambir Jakarta Pusat. Rombongan tamu melihat langsung aktivitas warga setempat mengelola lahan terbatas tersebut dengan kegiatan produktif.

“Kami di sini memanfaatkan Gang Hijau ini dengan bertanam sayuran hidroponik seperti pakchoy, selada, sawi, dan kangkung. Juga ada tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman buah. Selain itu ada kegiatan budidaya ikan konsumsi secara aquaponik, budidaya ikan hias cupang dan burung . Kami juga mengelola bank sampah dan pembuatan kompos,” kata Ketua RW 06, Harry.

Lebih lanjut Harry menjelaskan bahwa Gang Hijau di wilayahnya ini telah dirintis sejak tahun 2017 dengan pendampingan Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, juga didukung oleh Satlak Kecamatan, jajaran Kelurahan, Karang Taruna, dan ibu-ibu PKK. 

“Kami sudah menerima informasi mengenai gang hijau ini dari Dinas KPKP DKI Jakarta. Kami tertarik dan ingin melihat langsung. Partisipasi masyarakat cukup bagus terutama generasi muda Karang Taruna mengelola Gang Hijau. Gang Hijau ini cocok juga  diterapkan di Kota Solok karena kondisi yang mirip Jakarta yaitu keterbatasan lahan. Bagus sekali di Jakarta sudah ada 577 Gang Hijau atau 25,56 persen dari total 2.258 potensi gang yang sudah dimanfaatkan. Apapun program pemerintah, yang terpenting masyarakat mendukung,” kata Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Kusnadi.

Ke depannya Kusnadi berharap kaum muda Jakarta yang aktif dalam pertanian perkotaan dapat bertemu secara virtual dengan kaum muda Solok untuk saling sharing pengalaman mengembangkan Urban Farming. Kusnadi juga mengapresiasi partisipasi perusahaan swasta dalam program CSR.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Dinas Pangan dan Bappeda Kota Solok ke Gang Hijau ini. Selain yang sudah disampaikan oleh Ketua RW 06, nantinya dari Diskominfotik di sini akan ada mural bertema penghijauan atau budaya Betawi untuk menambah keindahan. Juga akan ada peternakan kelinci model perkotaan,” kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Pudyastuti.

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018