Sunday, 09 May 2021


Faperta IPB University Terkesima Kebun Bibit Ciganjur Hasilkan Banyak Varietas

25 Apr 2021, 09:50 WIBEditor : Gesha

Panen belimbing di Kebun Bibit Ciganjur | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Berbagai varietas tanaman hortikultura di Jakarta dikembangkan di 14 kebun bibit yang tersebar di seluruh wilayah. Kebun bibit Ciganjur, Jakarta Selatan, dikunjungi oleh Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University. 

Rombongan didampingi Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Mujiati, dan Kepala Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (P2BPT), Ali Nurdin, melakukan perjalanan mengelilingi kebun bibit seluas 13 Hektar tersebut, serta berkesempatan memanen timun suri dan belimbing, Jumat (23/4).

Berbagai tanaman hortikultura berhasil dibudidayakan dan dikembangkan seperti cabai, alpukat Cipedak asli Jakarta, dan aneka sayuran.

"Luar biasa, di Jakarta masih punya areal kebun buah dan tanaman hortikuktura, serta sawah abadi seluas 5 Hektar untuk produksi benih yang disebarkan ke seluruh masyarakat," ungkap Dekan Faperta IPB University, Dr. Sugiyanta.

Adanya fasilitas kebun bibit aneka tanaman ini diakui Dr. Sugiyanta sangat bagus sebagai awal pengembangan benih tanaman buah,  hortikultura,  dan tanaman pangan. "Benih itu beginning of the beginning, jadi kualitasnya penting, identitasnya penting, induknya jelas, dan bersertifikat, “ tambahnya.

Sugiyanta berharap pertanian dapat berkembang secara masif di seluruh DKI Jakarta, termasuk di pemukiman penduduk, ruang terbuka, hingga di pinggiran jalan.

"Bibit bisa dimanfaatkan di seluruh DKI Jakarta bahkan hingga luar DKI Jakarta. Walaupun lahan terbatas namun benih dan bibit bisa diproduksi di kebun bibit ini. Misalnya yang tadi dipanen Belimbing Dewi, varietasnya jelas, teknik sudah ditemukan sehingga bisa berproduksi dengan kualitas yang sangat baik," jelasnya.

Pihaknya berharap terwujud sinergi yang sangat baik dengan P2BPT, dalam hal mendukung P2BPT untuk uji DNA varietas lokal,  mengembangkan pemuliaannya, dan lain-lain termasuk membantu inovasi proteksi tanaman serta metode pengendalian hama.

P2BPT juga sangat mendukung suksesnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas di 14 kebun bibit dan laboratorium. 

“Kerja sama ini meliputi pendidikan, pelatihan, penelitian, proteksi tanaman, hingga pengabdian kepada masyarakat. Semoga yang menjadi harapan Faperta IPB University terhadap para mahasiswa yang mengikuti program magang di wilayah lingkup kerja P2BPT dapat terwujud,” kata Kepala P2BPT, Ali Nurdin.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018