Friday, 18 June 2021


Petani Serdang Badagai Kirim 9 Ton Sayuran ke Pekan Baru dan Dumai Setiap Hari

29 Apr 2021, 03:40 WIBEditor : Ahmad Soim

Petanii kiirm sayur ke Dumai | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai -- Kelompok Tani Giat Berdagang ( KTGB ) Serdang Bedagai Kecamatan Perbaungan Desa Sei Jenggi mampu memasarkan sayur sayuran dan buah buahan ke Pekan Baru dan Dumai 9 ton/ hari.

Beragam jenis sayuran yang dipasarkan tersebut, antara lain: Kacang Panjang, Pare Pahit, Gambas, Melinjo, Terong , Cabai, Mentimun, Jagung.

 Ketua KTGB Ibrahim Malau saat Sinar Tani berkunjung ke Lokasi pengumpulan barang desa Sei Jenggi dusun I km 40.65 Medan Tebinggi Rabu/28/4/2021 mengatakan  usaha ini dimulai tahun 2012 dengan modal Rp 3,5 juta.

Jumlah sayuran pertama kali usaha yang bisa dikumpulkannya sebanyak 700 kg, dengan Jumlah anggota yang mencari barang ke petani 2 orang. Saat ini anggota yang mencari 12 orang dengan gaji Rp  80.000  - 120.000/hari.

BACA JUGA:

Dalam usaha ini anggota keliling mencari barang ke 4 kecamatan, yakni  Perbaungan, Pengajahan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu.

Ditambahkannya untuk pengangkutan digunakan kenderaan  umum seperti PO ALS, Medan Jaya, Kurnia dll.

Cara pembanyaran ada yang kontan ada dengan antar barang (bon ) dan sampai besok di transfer antar bank.

Ketika ditanya Sinar Tani  apakah ada dukungan pemerintah, dia menjawab ada berupa  pembinaan sistim pemasaran dan managemen. Beliau berharap kiranya dapat bantuan kendaraan transportasi roda 3 untuk menganggkut hasil petani di 4 kecamatan, sehingga tepat waktu, barang tidak rusak, serta jumlah yang diperdagangkan bertambah.

Jumlah mitra petani KTGB  220 orang. Resiko usaha ini hanya terlambat kitim dan busuk. Kalau pembanyaran tetap lancar dengan kepercayaan.

Pendapatan atau omset kotor setiap hari Rp 35 juta sampai Rp 50 juta,  tergantung juga jenis sayuran yang dikirim. Untuk cabai bisa membutuhkan modal Rp 100 juta setiap hari.

 === 

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018