Friday, 07 May 2021


Pelatihan Hidroponik Sesi III : Pakai Cara Ini, Hidroponik Tomat Dijamin Lebat

01 May 2021, 13:18 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Hidroponik Sesi III | Sumber Foto:SINAR TANI

 

Perawatan Hidroponik

Perlakuan nutrisi yang akan diberikan harus diperhatikan. "Kita gunakan formulasi Enshisoho Nutrient Solutions formula yang lengkap jenis dan dosis. Gunakan juga pelarut air bersih dengan EC 0,3-0,5 mds/liter dan pH maksimal 6,3. pH air bisa diatur dengan NaOH atau HCl," jelasnya.

Pemberian nutrisi pada tomat, diawal jangan langsung diberikan nutrisi tinggi. Tetapi secara bertahap, mulai dari 1/3 bagian, 1/2 bagian hingga seluruh dosis. "Cirinya, jika belum terjadi pembungaan atau pucuk calon bunga, nutrisi dengan konsentrasi diberikan bertahap," tambahnya. 

Tak hanya itu, atur juga pH, smoothing akar dengan aerasi hingga pengecekan EC. "Diberikan aerasi agar akar tidak berubah menjadi cokelat dan mampu menyerap nutrisi," jelasnya.

Jika nutrisi yang diberikan pada tomat tepat maka bunga akan mulai muncul mengkuncup sebagai tanda fase pembungaan dan pembuahan. "Tanda bunga tomat hidroponik yang berhasil adalah warna kuning mencolok segar dan corollanya mekar sempurna sehingga bisa terjadi fertilisasi yang baik," tuturnya.

Ani menambahkan jika diamati, fase pembuahan diawali dengan munculnya calon buah membesar sebesar kelereng kecil. Namun jika lebih kecil dan tidak berkembang lagi, maka kemungkinannya gugur, gagal dan tidak bisa menjadi buah. 

Karakter pembuahan dari tomat akan bertahap sehingga buah di bagian bawah akan lebih dahulu matang daripada tangkai atas. Adapun tanda buah tomat yang masak ditandai dengan semburat jingga kemudian merah merata. 

Dengan cara hidroponik yang benar, Ani meyakini beragam produk olahan dari tomat seperti juice hingga selai bisa menjadi pangan sehat. Bahkan memiliki nilai ekonomi bagi pelaku hidroponik.

====

Ketinggalan Training Online Pelatihan Hidroponik ini? klik disini >>>>> Training Online Pelatihan Hidroponik Sesi III

Untuk link materi dan E-Sertifikat bisa diakses disini>>>> Materi Hidroponik Ani Andayani

 

Reporter : Nattasya/TIM SINAR TANI
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018