Sunday, 09 May 2021


EvaGrow bikin Sayuran Jadi Jumbo

05 May 2021, 07:10 WIBEditor : Yulianto

Hasil panen dengan aplikasi Evagrow, sayuran menjadi jumbo | Sumber Foto:Dok. Evagrow

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Selain pupuk kimia, kini banyak pelaku usaha mengembangkan pupuk hayati dengan kualitas yang sama baiknya. PT Prosper Biotech Indonesia menjadi salah satu produsen pupuk hayati dengan merk EvaGROW dan Valdi’s GROW.

Perusahaan tersebut melakukan berbagai ujicoba atau demfarm aplikasi produknya dengan berbagai jenis tanaman di beberapa daerah. Produsen pupuk hayati yang berkantor di Bandung Jawa Barat ini mencoba membuktikan bahwa duet EvaGROW dan Valdi’s GROW bisa menjadi solusi meningkatkan dan memperbaiki kualitas lahan tanam serta meningkatkan hasil panen.

Pemakaian pupuk EvaGROW dan Valdi’s GROW pada tanaman sayuran dilakukan pada lahan ujicoba, yaitu untuk tanaman pare di sawahan Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan pada Juli 2018 lalu. Proyek ujicoba yang dikawal langsung Direktur PT Prosper Biotech Indonesia, Elisabeth Any Mastuti ini hanya menggunakan pupuk hayati produk perusahaannya, tanpa penambahan bahan kimia.

Aplikasi dimulai pada saat persiapan lahan tanam, dengan menyemprotkan EvaGROW tiga hari sebelum lahan ditanami, tanah disemprot dengan EvaGROW secara merata. Satu sachet berisi 50 g dilarutkan dengan 15 liter air (satu tangki). Setelah tiga hari, lahan siap ditanami. Penyemprotan dilanjutkan tiga  sampai empat kali lagi dengan selang 7 hari sampai masa panen 40 – 50 HST.

Untuk meningkatkan ketahanan tanaman mengantisipasi serangan hama, dilakukan penyemprotan pupuk hayati Valdi’s GROW. Pupuk ini mengandung mikroba antihama, yaitu Beauveria bassiana, Pseudomonas sp., dan Rhodotorula sp.

Penyemprotan dilakukan ke tanaman setiap 7 hari sebanyak 3 – 4 kali.Hasilnya sangat menggembirakan, kombinasi dua produk pupuk ini terbukti dapat menghasilkan panen pare dengan berat lebih dari 1/2 kilogram per bijinya.

Sementara itu uji coba pada tanaman Caisim, selain menghasilkan panen dengan ukuran yang besar, kombinasi EvaGROW dan Valdi’s GROW ternyata juga dapat mempercepat panen. Waktu panen caisim dapat dipersingkat menjadi hanya 25 HST saja dengan ukuran caisim yang bisa dibilang jumbo alias besar.

Ujicoba penanaman sayuran caisim dilakukan di greenhouse milik PT. Prosper Biotech Indonesia di Bandung ini menghasilkan batang caisim yang besar dan daun yang hijau dan lebar. Metode pemberian pupuknya sama, yaitu sekali pada masa persiapan lahan tanam, dan 4 – 5 kali berikutnya sampai bisa dipanen.

“Satu hal yang perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal aplikasi produk ini tidak boleh dicampur pestisida, pupuk kimia, atau bahan kimia lain,” kata Any Mastuti. Sedangkan untuk Penyemprotan sebaiknya dilakukan sebelum pukul 8 pagi atau setelah pukul 4 sore agar mikroba bisa berkembang maksimal, lanjut beliau. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 0812 2001 1841.

 

Reporter : Adv/Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018