Saturday, 23 October 2021


Petani Barru Rasakan Supernya Bawang Merah Super Pilips

05 Oct 2021, 17:41 WIBEditor : Yulianto

Panen bawang merah super pillips di Barru | Sumber Foto:Suriady

TABLOIDSINARTANI.COM, Barru---Kelompok Tani Mamminasae, Dusun Padaloang, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru melakukan panen perdana bawang merah varietas pilips. Varietas ini ditanam petani dengan umur 65 hari dengan tingkat produktivitas di atas 20 ton per hektar.

"Saya turut menyampaikan rasa syukur karena panen bawang di Kelompok Tani Mamminasae bisa dilakukan sesuai dengan harapan," kata Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si yang hadir saat panen.

Pemerintah katanya, terus mendukung petani dapat menghasilkan hasil pertanian yang berkualitas, serta memberikan nilai tambah yang relatif besar. Suardi  juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Pusat Statistik yang selalu hadir mendampingi. "Bahwa data BPS selama ini yang selalu menjadi pegangan kita," ungkapnya.

Suardi optimis hasil panen bawang ini yang didapat masyarakat menjadi nilai tambah. Apalagi bibit yang digunakan kelompok tani ini adalah bantuan pemerintah. Artinya,, nilai tambahnya lebih besar lagi. "Tentu bantuan ini bentuknya stimulus untuk memberikan motivasi," ujarnya.

Selain itu, bantuan alat pertanian dan sarana produksi yang pemerintah berikan itu juga stimulan agar masyarakat bisa termotivasi untuk mendapat lebih banyak hasil dan juga bukti bahwa pemerintah selalu hadir memberi perhatian.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ir Ahmad, M.M melaporkan kegiatan ini adalah silaturahmi dan panen bawang jenis varietas super pilips. Varietas pilips ini, ditanam petani dengan umur 65 hari dengan tingkat produktivitas diatas 20 ton per hektar.

Di Kecamatan Balusu Indek Prestasi (IP) mencapai 300 tanam dan pemerintah daerah memberikan dukungan yaitu bantuan benih bawang merah kepada petani/kelompok tani agar mampu meningkatkan  produksi dan produktivitas, sehingga peningkatan pendapatan dapat dicapai. Untuk diketahui bantuan pemerintah untuk 1 ha diberikan bantuan benih sebanyak 700 kg/haatau setara Rp 41.300.000/ha.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri BPS Kabupaten Barru Misbahuddin, S.E, Anggota DPRD Barru, Syahrul Ramdhani, Kepala Kesbangpol, Ir Nursalam, Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin S.IP, M.Si, Kepala Dinas PMD, PKB, PPPA, Jamaluddin S.Sos. MH, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Andi Takdir, SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, drh. Ma'ruf, Camat Balusu, Andi Ika Syamsu Alam, Kepala Desa Balusu dan Desa Lampoko, KUA Kecamatan Balusu.

 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018