Wednesday, 01 December 2021


Pasarkan Produk Olahan Nanas, BPTP Jambi Buka Display

03 Nov 2021, 08:43 WIBEditor : Gesha

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Hernidar Haris ketika bersama Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro dan Kepala BPTP Jambi, Dr. Salwati | Sumber Foto:BPTP Jambi

TABLOIDSINARTANI.COM, Muaro Jambi --- Miliki potensi nanas dan beragam produk turunannya, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi membuka display Inovasi Produk Nanas di kawasan agrowisata Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi. 

"Ini gayung bersambut usaha bersama yang dilakukan warga telah membuahkan hasil, kepala desa dan masyarakat bergerak bersama memprogramkan agrowisata untuk jangka panjang, " ujar Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Hernidar Haris ketika bersama Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro dalam kunjungan ke lokasi Display Inovasi Produk Nanas. 

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala BPTP Jambi, Dr. Salwati di kawasan agrowisata Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi, Senin (01/11). 

Hesnidar yang juga merupakan istri orang nomor satu di Provinsi Jambi, H. Al Haris, menghimbau semua pihak untuk berperan aktif mendukung terwujudnya agrowisata Desa Tangkit Baru yang memiliki kekhasan sebagai penghasil buah nanas. Ia mengapresiasi berbagai pihak yang telah hadir dan bersinergi menggarap dan mendorong optimalisasi kawasan itu menjadi agrowisata.

"Ke depan saya berharap Nanas Tangkit akan menjadi produk unggulan  yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat Kabupaten Muarojambi sehingga Provinsi Jambi juga punya nama." kata Hj. Hesnidar.

Sementara itu, Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busyro  menyampaikan apresiasi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi tersebut yang telah memberikan komitmennya untuk mendukung pengembangan kawasan Tangkit Baru menjadi kawasan agrowisata.

"Ayo kita garap bersama agrowisata ini, kita promosikan bersama agar pengunjung tak hanya dari Muaro Jambi saja tapi juga dari daerah lainnya di Provinsi Jambi dan luar daerah. Ini potensi wisata agro yang luar biasa besarnya," ujarnya.

Kepala BPTP Jambi, Dr. Salwati mengatakan, display yang ada disana menjadi pendukung pemasaran produk berbahan baku nanas di Desa Tangkit Baru itu didirikan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi. 

"Tujuannya agar masyarakat produsen produk turunan dari  buah nanas memiliki ruang display untuk memasarkan produknya secara langsung kepada pengunjung, " tuturnya. 

Selain membantu membangun ruang display, BPTP Jambi juga memberikan pendampingan program serta membantu peralatan dan sarana produksi, termasuk bantuan kemasan produk turunan nanas.

Salwati menambahkan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Hesnidar Haris banyak memberikan masukan untuk menyempurnakan beberapa program yang telah digulirkan BPTP bersama mitra kolaborasi dan petani nenas di Tangkit Baru.

"Kegiatan hari ini diharapkan  dapat memberikan berbagai masukan untuk menyempurnakan beberapa hal yang telah dilakukan oleh BPTP Jambi bersama mitra kolaborasi di Desa Tangkit Baru ini," pungkasnya.

Reporter : BPTP Jambi
Sumber : BBP2TP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018