Wednesday, 01 December 2021


PT AIMS Komitmen Produksi Benih Kentang Bermutu dan Bersertifikat

05 Nov 2021, 06:17 WIBEditor : Gesha

Kentang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Lembang --- Gelar Teknologi (Geltek) Kentang Industri di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Lembang, disambut antusias oleh berbagai pihak. Salah satu perusahaan swasta nasional bidang perbenihan kentang yang berpartisipasi mengadakan demplot di hamparan lahan milik Balitsa adalah PT Agra Intan Makmur Sejahtera (AIMS).

Berbagai perusahaan mengikuti kegiatan Geltek Kentang Industri di Balitsa pada tanggal 3 – 5 November 2021, salah satunya adalah PT AIMS. Perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat tersebut menanam varietas kentang Chitra di demplot pertanaman kentang Balitsa. PT AIMS juga berpartisipasi dalam pameran yang dikunjungi oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

“Kami sebagai produsen benih sangat senang bapak Menteri Pertanian berkenan mengunjungi stand pameran PT AIMS. Kami berkomitmen memproduksi benih bersertifikat, bermutu, sesuai harapan petani," ungkap Direktur Utama PT AIMS, Tommy Chitra Ketika ditemui Sinar Tani di lokasi pameran.

Tommy mengetahui, hingga sekarang petani ingin benih yang bermutu, produktivitasnya tinggi, sehingga biaya operasionalnya rendah dan profit atau keuntungan untuk petani pun meningkat. "Dengan perkembangan industry kentang di Indonesia, kami juga akan memproduksi French fries atau kentang goreng, " tambahnya. 

PT AIMS bermitra dengan petani plasma PT Indofood, serta kelompok tani kentang industri di berbagai daerah yaitu Jawa, NTB, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Perusahaan ini juga mampu menghasilkan benih kentang bermutu melalui Teknologi Tissue Culture (kultur jaringan) dan pemanfaatan Insect Proof Screen House.

Pada rangkaian kegiatan Geltek ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan PT AIMS menandatangani perjanjian Kerjasama dengan berupa penyediaan benih sumber kentang kelas penjenis (planlet) kentang varietas Granola – L yang hasil inovasi Balitbangtan.

Varietas Kentang 

Permintaan kentang industry semakin meningkat seiring dengan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat, PT AIMS mengembangkan benih kentang industry varietas Chitra dan kentang konsumsi varietas Granola.

Varietas Chitra bersegmen pasar kentang industry untuk bahan baku keripik (chips) dan French fries (kentang goreng), telah mendapatkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 075/Kpts/SR.120/D.2.7/7/2017.

Varietas Chitra dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi dengan ketinggian di atas 1200 mdpl pada musim kemarau. Keunggulan varietas ini cocok untuk keripik kentang (chips) dengan potensi produksi tinggi 26 – 29,7 Ton/Ha. Karakteristik lainnya yaitu rasa umbi yang enak, warna kulit umbi kuning, warna daging umbi putih, dan dapat dipanen pada umur 100 – 110 hari setelah tanam (HST).

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018