Wednesday, 01 December 2021


Mentan Dorong Percepatan Hilirisasi Nanas di Jambi

08 Nov 2021, 13:26 WIBEditor : Gesha

MENTERI PERTANIAN, SYAHRUL YASIN LIMPO (tengah) MENGINGINKAN PERCEPATAN HILIRISASI NANAS | Sumber Foto:istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Muaro Jambi --- Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. melakukan kunjungan kerja ke Jambi Pada Sabtu (6/11). Salah satunya dengan mengunjungi sentra produksi Nanas Tangkit di Desa Tangkit Baru kecamatan Sungai Gelam Provinsi Jambi. Disini, Mentan SYL menegaskan percepatan hilirisasi nanas.

Selama kunjungan kerja di Jambi, Mentan didampingi oleh Gubernur Jambi, Al Haris, dan jajarannya beserta eselon 1 dan eselon 2 Kementerian Pertanian. Mentan beserta rombongan mengunjungi sentra produksi Nanas Tangkit di Desa Tangkit Baru kecamatan Sungai Gelam Provinsi Jambi. Acara dibuka dengan panen bersama Nanas disalah satu kebun milik petani binaan BPTP Balitbangtan Jambi dalam kegiatan hilirisasi.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung pengembangan display produk nanas tangkit di Desa Baru ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Kepala Balitbangtan juga meminta agar Nanas Tangkit terus dikembangkan lebih baik lagi walaupun sudah menjadi budidaya turun temurun dan umurnya sudah cukup tua (40 tahun).

Melihat potensi Nanas yang sangat besar di Desa Tangkit Baru, Mentan meminta agar pemerintah berperan penuh mendukung pengembangan industri pengolahan Nanas Tangkit ini agar bisa mendunia. Untuk itu Mentan meminta supaya dilakukan perluasan lahan untuk pengembangan nanas dan mengganti nanas-nanas yang sudah tua agar meningkatkan produktifitas nanas tangkit. "Untuk dapat mendirikan pabrik pengolahan produk nanas setidaknya terdapat 5.000 hektare kebun nanas.

"Kepada gubernur, bupati, dan kepala desa, agar dapat mendorong perluasan lahan tersebut," kata Mentan. Selain itu Mentan juga meminta ditanami tanaman lain di sela-sela kebun nanas seperti Pinang atau Pisang untuk mengoptimalkan penggunaan lahan.

Reporter : BPTP JAMBI
Sumber : BBP2TP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018