Monday, 23 May 2022


Green House TAPOJI Tempat Mahasiswa Kembangkan Inovasi Pertanian

18 Jan 2022, 11:26 WIBEditor : Herman

Green House Tapoji Universitas Muhammadiyah Sidrap

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap --- Dalam mencetak petani milenial tangguh Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS) memfasilitasi para mahasiswanya dengan green house TAPOJI. Dengan green house TAPOJI, mahasiswa bisa mengembangkan inovasi dan kreatifitas pertanian.

Antusiasme generasi muda untuk terjun di sektor pertanian menjadi energi baru dalam pembangunan pertanian ke depannya. Hal ini menjadi cikal bakal lahirnya Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS), Sulawesi Selatan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini karakteristik petani milenial adaptif terhadap perkembangan teknologi dan inovasi. Karena itu program studi Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian UMS akan membekali para mahasiswanya dengan kemampuan untuk menjadi petani milenial yang mampu menciptakan alat-alat pertanian berbasis teknologi.  

Ketua Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian UMS, Jusman Tang mengatakan. Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang diberikan fasilitasi berupa green house oleh Rektor Prof. Dr. H. Jamaluddin Ahmad, S.Sos., M.Si.

Green house ini dibernama TAPOJI, yang memiliki kepanjangan Tanam, Petik, Olah, Jual, dan Investasi, ini akan menjadi tempat untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di bidang pertanian,” jelasnya Jusman.

Di green house TAPOJI mahasiswa akan di latih cara menanam sampai mengolah hasil tanaman dan nantinya bisa di jual. Dan hasil penjualannya bisa digunakan mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian untuk melakukan kegiatan yang lain.

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi program studi Pendidikan Vokasional Teknik Pertanian yang akan mengahasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam pembangunan pertanian yang berbasis digital entrepreneur dan dapat mengamalkan ilmunya menjadi guru produktif di sekolah SMK Pertanian," jelas Jusman.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018