Friday, 01 July 2022


Panen Melon ,Gubernur Anies Baswedan Apresiasi Semangat Bertani Warga Jakarta

28 Jan 2022, 14:41 WIBEditor : Herman

Gubernur Anies Baswedan Panen Melon Di AEW CIlangkap

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Lahan yang terbatas di Jakarta ternyata bisa produktif untuk kegiatan pertanian. Kini, Urban Farming di Jakarta berkembang sangat pesat dengan aneka komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang dihasilkan oleh masyarakat perkotaan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Agro Edu Wisata (AEW) Cilangkap, Jakarta Timur,  Jumat (28/1), sekaligus memanen secara simbolis buah melon. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 800 buah Melon Golden varietas Apollo dan Alisha dipanen, atau setara dengan 1,2 Ton berat melon keseluruhan.

“Kawasan AEW Cilangkap ini bukan saja memberikan pengalaman yang menarik, tetapi juga produktif, kita bisa panen melon, yang ditanam kira-kira 70 hari yang lalu. Ini adalah salah satu contoh AEW yang memiliki potensi untuk bisa menjadi satu sentral kegiatan wisata, serta kegiatan pembelajaran untuk pengetahuan dan diaplikasikan , “ kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies berharap AEW ini terus dijaga dan dikembangkan, dengan harapan banyak masyarakat dari Jakarta dan luar Jakarta bisa datang mengalami, mempelajari , dan mengadopsi apa yang mereka lihat di tempat ini untuk diterapkan di tempat mereka tinggal.

“Pertanian dengan teknologi terkini bila dilakukan dengan konsisten, maka akan memiliki nilai ekonomi yang amat baik. AEW Cilangkap bisa menjadi salah satu lokasi unggulan di Jakarta,” ungkapnya.

Kelompok Tani Kampung Bayam Madani, Jakarta Utara, yang datang ke AEW Cilangkap untuk belajar budidaya melon, berkesempatan berdialog dengan Gubernur.

“Kunjungan Gubernur DKI Jakarta ini sebagai penyemangat bagi segenap warga Jakarta khususnya yang menekuni Urban Farming, dengan pesan agar lahan terbatas di Jakarta dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian yang produktif. Poktan Kampung Bayam Madani kami ajak untuk mengunjungi AEW Cilangkap dan AEW Ragunan untuk mensosialisasikan cara budidaya melon di Green House, agar mereka punya pilihan bertanam selain sayuran. Melon punya nilai ekonomi yang tinggi,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

AEW Cilangkap dengan luas 19,5 Ha disamping sebagai pusat produksi benih pertanian, juga merupakan sarana wisata sekaligus edukasi masyarakat tentang pertanian dan model percontohan pertanian modern, terpadu dan ramah lingkungan.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, Wakil Wali kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, Kepala Bidang Pertanian DKPKP, Mujiati, Kepala Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman DKPKP, Ali Nurdin, beserta segenap jajarannya.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018