Tuesday, 17 May 2022


Merem Melek Nikmati si Duri Hitam, Sultannya Durian

28 Jan 2022, 16:57 WIBEditor : Gesha

Warna dan wangi yang menggoda dari si Duri Hitam | Sumber Foto:Sinar Tanj

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Durian duri hitam (black thorn) kini tengah digemari pecinta durian, bahkan popularitasnya kini siap menggantikan musangking yang telah lama bertahta menjadi rajanya durian.

Suasana santai penuh keakraban begitu terasa saat TABLOID SINAR TANI berkunjung ke kebun Sadar Tani milik Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sadar Subagyo di kawasan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. Kebun seluas 2 hektar tersebut ditanami Sadar dengan aneka pohon durian, kelapa kopyor, pepaya dan aneka buah-buahan tropis lainnya.

TABLOID SINAR TANI pun disuguhi dua jenis durian yang saat itu tengah mengalami panen, yakni durian bawor dan durian sultan bernama duri hitam. Tak hanya durian, segarnya kelapa kopyor juga menemani siang itu yang sejuk di tengah kebun.

Pamor durian bawor sebagai durian asli Indonesia yang menantang durian monthong sudah tidak perlu diragukan lagi. Durian asli Banyumas yang diberikan sebutan bagi sosok punakawan Bagong, adik dari Petruk.

Durian bawor ini memiliki keistimewaan, dengan daging buah yang tebal dan berwarna oranye, durian jenis ini bijinya kecil dan tipis. Sementara rasanya legit, agak sedikit pahit. Sedangkan bobot matangnya rata-rata 6−9 kg dan bobot maksimalnya mencapai 15 kg. Selain itu, semakin tua si pohon, semakin lebat buahnya.

Rasa yang berbeda begitu terasa ketika TABLOIDSINARTANI mencoba Sultannya Durian, si duri hitam (durian ochee atau black thorn) “Nih sekarang cobain the ultimate of durian. Sekilonya bisa Rp 500-800 ribu di luar negeri. Pokoknya paling mahal deh. Diatas Musangking,” sebut Sadar.

Ketika dibelah, daging durian ini tidak lengket saat dipegang, namun saat daging durian ini masuk ke mulut, mulai terasa manis, legit dan creamy. Daging durian terasa lumer di mulut.

Dagingnya mengeluarkan aroma yang sangat khas, harum tetapi tidak terlalu tajam sehingga tidak akan mengganggu indra penciuman seseorang yang tidak menyukai durian. Bisa bikin merem melek !.

Ukuran buah durian ini cukup besar yakni mencapai 2-3 kg. Dalam satu belahan, hanya ada 2-3 isi dengan biji yang lebih kecil namun daging buah yang begitu tebal. Isinya berbentuk lebih bulat jika dibandingkan dengan durian lainnya. Durian ini juga berwarna kuning keemasan yang lebih menarik dipandang jika dibandingkan dengan yang lain.

Dalam blog salah satu pecinta durian internasional bahkan menyebut durian black thorn itu ibarat lauk yang dimasak oleh juru masak internasional dengan berbagai bumbu istimewa. Sedangkan nasinya adalah durian monthong. “Jadi betapa nikmatnya durian duri hitam itu, padahal selama ini durian monthong sudah dianggap durian yang unggul,” ujar si maniak durian tersebut.

Durian jenis duri hitam ini termasuk salah satu varietas yang sangat produktif dengan daya tahan yang cukup baik terhadap cuaca kering. Melalui perawatan yang benar, durian ini dapat menghasilkan buah dengan kualitas maupun kuantitas yang baik.

Durian ini mulai berbuah pada usia 3-4 tahun setelah ditanam dan daging buahnya cukup menggiurkan karena berwarna oranye pekat. Sedangkan masa produktif berbuahnya antara 3-5 tahun.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018