Tuesday, 17 May 2022


Durian Duri Hitam, Dari Malaysia Terkenal di Dunia

28 Jan 2022, 17:02 WIBEditor : Gesha

Durian ochee atau duri hitam | Sumber Foto:Klamat The River

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Urusan durian, Malaysia selalu punya varietas yang mendobrak dunia. Setelah Musangking, kini pecinta durian dibuat mabuk kepayang dengan durian duri hitam/durian ochee. 

Sesuai dengan namanya “duri hitam”, durian ini mempunyai ciri khas kulit luar dengan ujung duri yang berwarna hitam. Masyarakat Cina di Malaysia lebih mengenali durian duri hitam ini dengan nama “durian ochee” dikarenakan mempunyai rasa lemak, manis, creamy, dan sedikit rasa pahit setelah memakannya.

Durian duri hitam awal mulanya dikembangkan di di Propinsi Wellesley, Penang, Malaysia pada sekitar tahun 1980-an. Namun Durian ini muncul dan dikenal oleh masyarakat Malaysia sekitar tahun 2005. Durian duri hitam ini berasal dari Kampung Lima Kongsi, berhampiran dengan Sungai Bakap yang terletak di Pulau Penang, Malaysia.

Durian duri hitam ini merupakan Pemenang Anugerah Durian Terbaik Pulau Pinang Tahun 2011 dan tahun 2012 durian duri hitam ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai durian terbaik nasional yang diadakan oleh Kementerian Pertanian Malaysia. Bahkan durian duri hitam berhasil menyabet sebagai juara nasional sebanyak 3 kali berturut-turut mengalahkan durian musangking yang sudah lebih dulu terkenal.

Durian duri hitam ini berharga lebih mahal dibanding durian jenis lainnya, karena tidak semua kebun durian mengeluarkan durian jenis ini. Harga durian duri hitam adalah RM80.00 hingga RM100.00 bahkan ada yang menjualnya hingga RM200.00. Jika dirupiahkan sekitar Rp 280.000 hingga Rp 350.000 per buah. Pernah juga dijual dengan harga sekitar Rp 698.000 per buah, mengikut berat durian tersebut.

Walaupun harganya mahal, durian duri hitam tetap menjadi pilihan dan kegemaran bagi mereka pecinta durian. Mereka sanggup mencari dan membeli saat masuk musim durian.

Salah satu cara untuk mengenali durian duri hitam adalah bentuknya yang bulat seperti labu dan agak berbeda dengan durian lainnya. Ciri keduanya adalah warna kulitnya yang berwarna hijau dan sedikit keabu-abuan. Durian duri hitam ini mempunyai warna duri yang sama durinya seperti durian lainya. Pada ujung duri tersebut terdapat warna pirang gelap.

Bagian bawah durian ini berwarna pirang gelap dan tidak ada duri di bagian tersebut. Garisan berwarna pirang gelap juga kelihatan bersambung dengan bagian bawah yang bisa dijadikan tanda untuk membelah durian jenis ini.

Bagian tangkai durian jenis ini agak pendek dan berwarna hitam pada bagian tengah. Sehingga muncul teori yang mengatakan bahwa ciri tersebutlah yang menjadi asal usul bagi nama durian ini.

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018