Monday, 23 May 2022


Panen Belimbing, Wagub DKI Jakarta Himbau Warga Giat Manfaatkan Pekarangan

12 May 2022, 16:26 WIBEditor : Herman

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria Lakukan Panen Belimbing Dewi di AEW Kebun Bibit Ciganjur | Sumber Foto:Indri

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengunjungi  Agro Edu Wisata (AEW) Kebun Bibit Ciganjur, Jakarta Selatan pada Kamis (12/5). Kunjungan Wagub di kebun seluas 13,5 Ha ini sekaligus panen belimbing dan sayuran.

“Kebun Bibit Ciganjur ini salah satu dari 14 kebun bibit yang ada di DKI Jakarta. Memang Pemprov lahannya terbatas untuk pertanian maupun kebun, namun kami tetap punya komitmen yang tinggi untuk mengadakan kebun, pertanian setidak-tidaknya digunakan untuk kebutuhan penelitian, pengembangan, pendidikan, AEW, dan buahnya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.“ kata Wagub Ariza ketika panen belimbing didampingi istrinya, Ellisa Sumarlin.

Lebih lanjut Ariza menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan mengusahakan untuk belanja lahan yang akan digunakan untuk kebun. Selama ini Pemprov belanja tanah untuk taman, pemakaman, waduk, dan lain-lain.

Wagub menghimbau agar warga Jakarta memanfaatkan pekarangan maupun lahan kosong yang ada untuk kegiatan pertanian, dengan menanam aneka tanaman produktif.

“Belimbing varietas Dewi adalah salah satu tanaman khas Jakarta. Semua bibit yang dikeluarkan oleh Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (P2BPT) UPT dari Dinas KPKP pasti unggul,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati

Ditambahkan Suharini, belimbing Dewi memiliki keunggulan Masa 1,5 tahun sudah berbuah. Dari dua pohon, potensi panen sekitar 300 kg belimbing. Rasanya manis, airnya banyak.

Belimbing ini juga bisa ditanam di dalam pot (tabulampot). Hal ini karena lahan di Jakarta yang terbatas, sehingga grand desain pembangunan pertanian DKI Jakarta bukan berbasis lahan, tetapi berbasis ruang.

Selain belimbing, di AEW Kebun Bibit Ciganjur juga ditanami tanaman khas Jakarta, seperti alpukat Cipedak dan rambutan “rapiah”. DKPKP mempunyai 14 kebun bibit, dan belimbing “Dewi” ada di setiap kebun tersebut.

Pohon belimbingnya juga tidak terlalu tinggi sehingga saat berbuah dapat dipetik dengan mudah. Belimbing menjadi salah satu buah bernilai ekonomi tinggi, apalagi DKPKP giat mensosialisasikan agar masyarakat mengkonsumsi buah yang bermanfaat untuk kesehatan.

“Kami siap memberikan layanan bibit  gratis bagi masyarakat. Untuk kebutuhan maksimal 2 pohon, syaratnya cukup melampirkan fotocopy KTP DKI Jakarta dan mengisi formulir di website openstreetmap.id/dkpkp ,” tuturnya

Bibit bisa dikirimkan secara online melalui Gojek atau Grab. Bagi masyarakat yang akan menanam secara kelompok DKPKP DKI Jakarta siap melakukan pendampingan. 

Wagub Ariza juga berkesempatan mengunjungi SMKN 63 Jakarta, yang terletak tidak jauh dari AEW Kebun Bibit Ciganjur. SMK ini adalah satu-satunya SMK Pertanian di DKI Jakarta.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018